Magelang (ANTARA) - Sebanyak 500 peserta pabbajja samanera sementara melaksanakan pradaksina yaitu mengitari tiga kali Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk menghormat Buddha Dharma dan Sangha.

Ketua Panitia Pabbajja Samanera Sementara Fatmawati di Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa, mengatakan rangkaian yang paling penting yaitu sebelum samanera ditasbihkan memberikan penghormatan dengan cara pradaksina.

"Setiap kali kita akan melakukan upacara besar kita harus menghormat dulu dengan cara berpradaksina," katanya.

Pradaksina adalah salah satu cara penghormatan tertinggi yang bisa diberikan kepada Sang Buddha.

"Dengan tujuan kami ingin anak-anak kembali lebih meyakini iman mereka, Buddha Dharma dan Sangha. Belajar tentang bakti kepada orang tua, belajar tentang dharma, budi pekerti dan berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Baca juga: Chattra Borobudur Akan Jadi Energi Baru Indonesia

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma menyambut baik dan mengapresiasi pabbajja samanera yang secara rutin dilaksanakan oleh Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) di Candi Borobudur.

Ia berharap, pelatihan pabbajja samanera itu melatih setiap orang agar mengenal kehidupan.

"Jika dulu disebut kehidupan seorang pertapa bagaimana dia dalam satu pelatihan itu misal melepas keduniawian merupakan bentuk pelatihan diri agar ke depan dia paling tidak bisa punya mental yang kuat, moral yang kuat, jati diri yang kuat menghadapi kehidupan selanjutnya," katanya.

Setelah kegiatan ini, peserta akan kembali kepada kehidupan keseharian mereka.

"Yang berumah tangga ya berumah tangga yang baik, yang pemuda ya keseharian mereka sebagai pemuda, begitu juga anak-anak. Yang pemuda selanjutnya menjadi biksu sangat boleh, malah kami mengharapkan itu agar banyak lahir biksu-biksu yang baru untuk pembinaan di Indonesia," katanya.

Baca juga: Candi Borobudur merayakan 32 tahun situs Warisan Dunia
Baca juga: MBMI targetkan 500 peserta Pabbajja Samanera Candi Borobudur
Baca juga: Umat Buddha melakukan doa perdamaian Palestina di Borobudur

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023