Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengatakan bahwa ia sangat terhormat membawa timnya bermain di Piala Dunia Antar Klub tahun ini dimana timnya akan memulai laga pada semifinal melawan klub Jepang Urawa Reds di King Abdullah Sports City, Rabu (20/12) pukul 01.00 WIB.

Pelatih asal Spanyol itu merasa terhormat karena ia merupakan pelatih City pertama yang mengantarkan klub tetangga Manchester United tersebut berlaga di Piala Dunia Antar Klub untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

“Ini pertama kalinya Manchester City berada di sini dan merupakan suatu kehormatan berada di sini, suatu kehormatan. Duduk di sini dan bermain besok berarti Anda telah melakukan sesuatu yang luar biasa di masa lalu. Kami harus menerimanya, memainkan pertandingan besok dan pantas berada di final," kata Guardiola, melansir dari laman resmi klub, Selasa.

Pep mengaku laga semifinal melawan Urawa Reds bukan hal yang mudah. Pasalnya, menurutnya kultur sepak bola Jepang saat ini sedang berkembang pesat. Apalagi, di Piala Dunia 2022 Qatar, Jepang mengalahkan dua kekuatan sepak bola Eropa, Jerman dan Spanyol dengan skor yang yakni 2-1.

Baca juga: Menang di Piala Super Eropa, Pep kini incar Piala Dunia Antar Klub

Meski demikian, optimisme mantan pelatih FC Barcelona dan Bayern Muenchen itu untuk memenangkan trofi Piala Dunia Antar Klub untuk City tidak surut.

“Untuk melihat tim nasional Jepang, mereka tahu pertandingan mereka dan mereka mengalahkan Jerman, lihat saja Piala Dunia. Sepak bola di Jepang berkembang luar biasa dalam sepuluh tahun terakhir. Mereka tajam dan cepat dalam transisi dan tidak dapat diprediksi dalam banyak kasus," kata Pep.

“Kami ingin memenangkannya. Begitu kami berada di sini, itu adalah trofi yang tidak kami miliki. Kami ingin menutup lingkaran kecil dan memenangkan semua trofi yang bisa kami raih. Ini yang terakhir," tambahnya.

Jika menang pada laga semifinal, City akan melawan Fluminense pada laga final yang akan dimainkan pada Sabtu (23/12) pukul 01.00 WIB di stadion yang sama. Trofi Piala Dunia Antar Klub akan mengantarkan City menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan Liga Inggris, Piala FA, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub pada tahun yang sama.

Baca juga: Arab Saudi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2023

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023