Tangerang (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan RI menyebutkan selama periode Januari-Desember 2023 pihaknya  berhasil mengungkap dan menggagalkan upaya penyeludupan 5,6 ton narkotika dengan tujuan ke Indonesia.

Kepala Subdirektorat Operasi dan Pengungkapan Jaringan Narkotika DJBC Prijo Andono di Tangerang, Selasa menyampaikan bahwa dari 5,6 ton narkotika yang berhasil dicegah oleh pihaknya itu merupakan hasil penindakan terhadap ratusan kasus penyeludupan dan jaringannya.

"Secara nasional kita dapat mengungkap peredaran narkotika sebanyak 5,6 ton. Bahkan sampai saat ini peredaran narkotika secara gelap ini diprediksi akan berlangsung. Hingga kami berkomitmen akan terus memberantas kejahatan ini," katanya.

Atas pencapaian pencegahan dalam upaya penyeludupan narkotika di tahun ini merupakan hasil sinergi antara aparat penegak hukum (APH), mulai dari Bea Cukai, BNN, Polri dan juga TNI.

Ia juga menjelaskan, hasil pengungkapan kasus narkotika jaringan internasional itu terbagi menjadi dua jalur yakni laut dan udara. Selain itu bandar narkotika yang menguasai pasar Indonesia di dominasi oleh negara yang masuk golden triangle atau segitiga emas bagian utara Asia Tenggara.

"Yang jelas barang itu berasal dari negara golden triangle, seperti America Latin, Meksiko, Peru dan negara Ametika Latin lainnya," ujarnya.

Kemudian, secara umum para sindikat banyak menyeludupkan barang buktinya melalui jalur laut dan jalur udara, diantaranya seperti pelabuhan-pelabuhan yang ada di bagian timur Pulau Sumatera menjadi titik yang paling banyak diakses oleh bandar dalam memasok narkotika ke Indonesia.

Sementara untuk jalur udara, Bandara Soekarno-Hatta turut serta menjadi jalur favorit para kurir memasukkan narkotika untuk diedarkan di Tanah Air.

"Sejauh ini masih hampir sama nilainya antara tahun 2022 sampai 2023 ini, dan di tahun lalu itu tercatat ada sekitar 6 ton narkotika yang sudah kita gagalkan. Sekarang sampai tanggal 10 Desember 2023 itu ada 5,6 ton," kata dia.
Baca juga: Indonesia tekankan pentingnya kolaborasi kepabeanan di 39th ASEAN CCC
Baca juga: Selama 2023, DJBC telah gagalkan penyelundupan 4.8 ton narkotika
Baca juga: DJBC ajukan pagu indikatif Rp2,841 triliun untuk tahun anggaran 2024

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023