Jakarta (ANTARA) - Album "Pink Friday 2" milik Nicki Minaj disebut-sebut sebagai album nomor satu di AS di mana sebagai minggu penjualan debut terbesar untuk album rap karya seorang wanita dalam empat tahun terakhir.
 
Ditulis laman Variety, Senin, rekor ini bergabung dengan album asli “Pink Friday,” album debut Minaj pada tahun 2010, sebagai rekor keseluruhan ketiganya yang mencapai puncak daftar bersama dengan “Roman Reloaded” pada tahun 2012. Dengan ini, Minaj kini mengklaim album yang paling menduduki puncak tangga lagu hingga saat ini untuk seorang rapper wanita. 

Baca juga: Nicky Minaj kesal albumnya dikalahkan Travis Scott
 
Album "Pink Friday 2" dibuka dengan penjualan 228.000 album pada minggu terakhir 14 Desember. "Pink Friday 2" juga menjadi terlaris dalam penjualan vinyl, dengan terjual sebanyak 25.000 eksemplar. Ini adalah angka tertinggi untuk album rap oleh seorang wanita sejak Luminate mulai menghitung penjualan vinyl pada tahun 1991.
 
Album berisi 22 lagu ini terdiri atas kolaborasi Drake hingga Lil Wayne, J. Cole, 50 Cent dan banyak lagi, serta Billie Eilish, Blondie, Rick James, dan banyak lainnya.
 
Tak lama setelah dirilis, Minaj melalui X (sebelumnya Twitter) mengklaim bahwa tangga lagu Billboard akan mendiskualifikasi 100.000 penjualannya karena dia mendorong kontes yang mendesak penggemar untuk membeli empat eksemplar masing-masing.

Baca juga: Beyonce akhirnya kembali lagi ke puncak tangga lagu AS
 
Mayoritas tweet ini, dengan tuduhan Minaj bahwa dia “dihukum” karena “membuat musik yang bagus dan memiliki penggemar yang hebat,” telah dihapus.
 
Meski mendapat protes, Minaj masih berhasil memimpin dengan cemerlang sementara album Taylor Swift “1989 (Taylor’s Version)” mengikuti di No. 2 dengan 109.000 unit penjualan dan Drake “For All the Dogs” di No. 3 dengan 68.000 unit.
 
Sedangkan untuk chart single di Billboard, Mariah Carey merebut kembali tahta dengan “All I Want For Christmas Is You” di No. 1 dengan 42 juta kali streaming. Single tahun 1994 ini telah memimpin Hot 100 selama berminggu-minggu berturut-turut setiap tahunnya sejak tahun 2019, sebagian besar berkat lagu tersebut menjadi andalan dalam playlist liburan.

Baca juga: Baru rilis, "Still Life" BIGBANG langsung duduki puncak tangga lagu

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023