Antisipasi lonjakan penumpang itu sudah kami persiapan bagaimana nantinya dengan layanan dan fasilitas bandara, terus juga kondisi cuaca karena diprediksi curah hujan tinggi
Jambi (ANTARA) - Bandara Sultan Thaha Jambi memastikan pelayanan terhadap penumpang pesawat dan kesiapan personel dalam menghadapi lonjakan penumpang di momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Siswanto di Jambi, Selasa, mengatakan beberapa langkah telah dipersiapkan pihak otoritas bandara mengingat bahwa menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjadi kenaikan jumlah penumpang.

"Antisipasi lonjakan penumpang itu sudah kami persiapan bagaimana nantinya dengan layanan dan fasilitas bandara, terus juga kondisi cuaca karena diprediksi curah hujan tinggi," katanya.

Siswanto menyebutkan jika prediksi kenaikan jumlah penumpang terjadi sejak H-3 Natal 2023 atau pada Jumat (22/12).

Jika membandingkan dengan jumlah penumpang pada 2022 di periode yang sama, diprediksi akan terjadi kenaikan sebesar lima persen.

Pada 2022, saat posko natal dan tahun baru jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Jambi berkisar 48 ribuan penumpang sedangkan pada 2023 jumlah penumpang diprediksi berkisar 51 ribuan orang.

Jumlah penumpang diprediksi tetap meningkat meskipun jumlah penerbangan maskapai melalui bandara tersebut berkurang.

Saat ini Bandara Jambi tidak melayani penerbangan ke Batam dan Kualanamu sedangkan pada tahun lalu masih melayani penerbangan ke kedua daerah itu.

Siswanto menegaskan bahwa pihaknya telah melibatkan seluruh pemangku kebijakan untuk ikut mengamankan dan memastikan kelancaran layanan di bandara.

Memperkuat keamanan maka di Bandara Sultan Thaha Jambi terdapat dua posko yaitu posko pengamanan bersama TNI dan Polri dan Posko Natal dan Tahun Baru 2024 di selasar bandara.

"Kaitannya dengan fasilitas semua sudah diaudit Dirjen Perhubungan Udara dari sisi sistem pendaratan, terminal, maskapai semua sudah dipastikan Bandara Jambi siap menyambut dan pelayanan penumpang saat natal dan tahun baru," kata dia.

Baca juga: Bandara Jambi layani 407.991 penumpang sejak Januari hingga Mei 2023

Baca juga: Bandara Jambi mencatat kenaikan jumlah penumpang selama 2022


 

Pewarta: Tuyani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023