Jakarta (ANTARA) -
Sukarelawan Gerakan Rakyat secara aktif mengampanyekan gagasan perubahan yang digaungkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pilpres 2024, kepada masyarakat yang ada di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid mengatakan bahwa dengan kekuatan jaringan sukarelawan yang berada di 83.000 desa/kelurahan, tim kampanye terus menyuarakan visi-misi AMIN terkait pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami membawa misi program AMIN untuk warga negara, mulai dari lahir, hamil, melahirkan, sampai masa tua. Itu semua selalu kami sampaikan sehingga hajat hidupnya terpenuhi," kata Sahrin di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, sukarelawan sudah bergerak masif dari bagian barat, tengah, dan timur wilayah Indonesia, seperti di ujung Pulau Sumatera, bagian terdepan Kalimantan, dan Papua.

Bahkan, dari enam provinsi yang ada di pulau Papua, tim kampanye sudah menjangkau empat provinsi dan hanya menyisakan dua wilayah yang memang belum tersentuh yakni Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Baca juga: Anies ajak masyarakat gunakan hak pilih saat kunjungi NTB
Baca juga: KPU sebut pemilih ODGJ harus sertakan surat dokter saat ke TPS


Menurut Sahrin berdasarkan hasil penetrasi ke sejumlah wilayah 3T sukarelawan banyak menemukan fakta bahwa masalah mendasar masih kerap terjadi dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

"Perhatian pemerintah kesana kan terlalu kecil, karena diketahui bahwa porsi anggaran pemerintah saat ini kan banyak lebih diprioritaskan ke IKN, jadi sektor lain sangat kecil untuk mendorong pemerataan dan pertumbuhan," katanya.

Sukarelawan selama ini kerap menerima aspirasi petani yang kekurangan pupuk, akses jalan desa, dan nelayan butuh bantuan bahan bakar minyak (BBM) untuk melaut.
Oleh karena itu, gagasan perubahan melalui pembangunan merata dan berkeadilan yang digaungkan AMIN selalu disuarakan Gerakan Rakyat kepada masyarakat di 3T.

Sahrin mengakui sejauh ini kendala untuk menyebarkan visi-misi itu masih terkendala alat peraga kampanye (APK) yang terbatas, sehingga banyak dilakukan door to door kepada masyarakat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKN ikuti proses di Bawaslu terkait suntikan Rp 15 miliar dari Prabowo
Baca juga: Ganjar: Petani hingga ekosistem tembakau harus dilindungi

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023