Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Puteri Komarudin mengapresiasi peran perempuan dalam di rumah tangga dan pemerintahan.

"Perempuan di Indonesia adalah manusia cerdas-cerdas dan tangguh. Kami sangat bangga sekali dengan peran di pemerintah dan rumah tangga," kata Puteri dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.
 
Menurut dia, perempuan memiliki peran yang krusial dalam membina rumah seperti mengelola keuangan hingga sebagai kepala rumah tangga. Dia pun menanggapi pandangan bahwa perempuan di rumah tangga menjadi salah satu penyebab terjadinya korupsi.
 
Dia menjelaskan bahwa persoalan korupsi terlalu kompleks sehingga tidak bisa menempatkan perempuan sebagai penyebab utama.
 
Menurut dia, di panggung pemerintah, jumlah perempuan yang tersandung kasus korupsi lebih sedikit.

"Menurut The Economist, negara-negara yang dipimpin oleh pemimpin perempuan justru cenderung lebih rendah kasus korupsinya. Dan pejabat perempuan juga lebih sering menjauhi tindak korupsi,” kata dia.
 
Menurut Puteri, calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan salah satu pasangan calon yang bisa menghargai perempuan.
 
Programnya dalam membela hak dan kesetaraan gender membuat perempuan bisa semakin dihargai.
 
Karena itu dia berharap perlindungan hak para perempuan bisa terus diperjuangkan jika Prabowo-Gibran memenangkan pemilihan presiden 2024 mendatang.
 
Sebelumnya, Juru Bicara Bidang HAM dan Konstitusi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Munafrizal Manan mengatakan pasangan calon nomor urut 2 tersebut memastikan WNI dari seluruh lapisan kelompok memiliki hak yang sama di mata konstitusi.
 
Dia menambahkan bahwa Prabowo memang telah berkomitmen memastikan seluruh WNI memiliki hak yang sama di mata negara.
 
Manan menyebutkan beberapa pihak yang kerap menjadi korban perlakuan diskriminatif atau pelanggaran hak ialah perempuan, anak-anak, dan kaum marjinal.
 
Dengan terpilihnya Prabowo di Pilpres 2024 menurut dia, maka seluruh tindak diskriminasi terhadap gender dan kaum masyarakat tertentu akan diusut dengan tuntas.
 
Karena dalam visi dan misi Prabowo-Gibran dijelaskan bahwa tidak boleh ada orang Indonesia yang diskriminatif," kata Manan, di Jakarta (2/12).
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKN ikuti proses di Bawaslu terkait suntikan Rp 15 miliar dari Prabowo
Baca juga: TKN: Mayor Teddy bukan timses tapi ajudan Prabowo 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023