Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta kembali menggelar “Anugerah Masyarakat Peduli Lingkungan (AMPL) 2023” dengan memberi penghargaan kepada individu, kelompok masyarakat, lembaga, atau perusahaan yang telah berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Jakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama ini tak bergerak sendiri, tapi banyak dibantu oleh berbagai pihak dalam menanggulangi polusi udara. Contoh kontribusinya adalah pemasangan water mist di gedung-gedung tinggi milik swasta, dan memasifkan uji emisi yang dibantu bengkel-bengkel, serta produsen otomotif, dan penghijauan oleh banyak perusahaan swasta," ujar Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Jakarta, Selasa.

Selain isu udara, isu persampahan juga menjadi prioritas Pemprov DKI yang selalu dibenahi, dan juga ditingkatkan pengelolaannya. Salah satunya melalui pengolahan RDF yang sudah disalurkan kepada off taker.

Joko juga tak lupa menambahkan peran masyarakat baik individu maupun kelompok yang turut dalam mengelola sampah dan menjaga lingkungan sekitarnya.

"Peran masyarakat sangat penting dalam menjaga lingkungan hidup. Melalui gerakan-gerakan yang dilakukan masyarakat seperti program Jakarta Gotong Royong, kita dapat menciptakan Jakarta yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan," kata Joko.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi, meningkatkan kepedulian serta menumbuhkembangkan kemampuan dan kepeloporan dalam pengelolaan lingkungan.

"Penghargaan yang diberikan bukan karena suatu lomba tetapi karena inisiatif dan keinginan masyarakat serta stakeholder dalam berpartisipasi melakukan pengelolaan lingkungan untuk menciptakan Jakarta sebagai kota Global yang berkelanjutan," ungkap Asep.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada masyarakat baik individu maupun kelompok yang sudah berperan aktif dalam menjaga lingkungan Hidup Jakarta, serta perusahaan-perusahaan yang peduli kepada lingkungan Jakarta melalui program yang bersinergi dengan pemerintah, dan pengelolaan lingkungan hidup sekitar perusahaannya.

Baca juga: AMPL dorong peningkatan manajemen kebersihan menstruasi

Baca juga: Jejaring AMPL: sekolah harus sediakan fasilitas kebersihan menstruasi

Baca juga: RUU Air diminta perhatikan kelompok rentan


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023