Jakarta (ANTARA) -
Jaringan sukarelawan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Gerakan Rakyat, menyebut bahwa milenial dan gen Z di sejumlah daerah, kerap menyampaikan aspirasi harapan terbukanya banyak lapangan kerja agar bisa hidup layak dan sejahtera.

Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid mengatakan bahwa jaringan sukarelawan yang sudah bergerak di sejumlah wilayah khususnya kota-kota besar, selalu menemukan banyak aspirasi yang sama untuk disampaikan kepada pasangan calon (paslon) AMIN.
 
"Mereka menyampaikan bahwa membutuhkan lapangan kerja dan kemudahan mendapatkan kerja, kemudian meminta biaya sekolah murah dan bisa diakses seluruh masyarakat," kata Sahrin di Jakarta, Senin.

Milenial dan gen Z juga berharap penerapan upah yang layak dan proporsional sesuai dengan kebutuhan di masing-masing wilayah apabila AMIN memenangi Pilpres 2024.
 
Pasalnya para milenial dengan rentang usia 28-35 tahun lebih memiliki banyak beban untuk menafkahi keluarga seperti orang tua maupun adik-adiknya, tutur Sahrin.
 
"Kondisi mereka masih ada tanggungan diri sendiri, sementara keluarganya juga harus dinafkahi dengan kenyataan kebutuhan hidup yang tinggi saat ini," ujar Sahrin.

Selain upah dan biaya sekolah, fasilitas kesehatan seperti berobat ke rumah sakit diharapkan akan terus ditingkatkan oleh AMIN bila terpilih nanti.

Baca juga: Gerakan Rakyat aktif kampanyekan gagasan dari AMIN di wilayah 3T
Baca juga: KPU Semarang rampungkan perakitan kotak suara
 
Sahrin menjelaskan semua aspirasi itu didapatkan jaringan sukarelawan Gerakan Rakyat dengan pola kampanye door to door, sehingga mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai kondisi riil yang terjadi di tengah masyarakat.
 
Semua informasi yang didapatkan dari awal masa kampanye hingga kini tersebut sudah disampaikan kepada Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN, agar didengar oleh Anies-Muhaimin guna memperkuat gagasan perubahan yang sering digaungkan.
 
Sahrin menambahkan jaringan sukarelawan yang berada di 83.000 desa/kelurahan se-Indonesia juga terus secara aktif mengampanyekan visi-misi AMIN, terkait pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Masa kampanye dijadwalkan berlangsung 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo hadiri silaturahim Aliansi Tionghoa Indonesia
Baca juga: Ganjar tanggapi calon Mentan dan Menteri KP bila terpilih

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023