Ada tim ekonomi kami yang sudah menyiapkan beberapa materi.
Yogyakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo membeberkan persiapan Mahfud Md. untuk menghadapi debat cawapres pada hari Jumat (22/12).

Ganjar menyebutkan salah satu persiapannya ialah adanya tim ekonomi yang telah menyiapkan materi untuk debat.

"Ada tim ekonomi kami yang sudah menyiapkan beberapa materi," ujar Ganjar di Bantul, Yogyakarta, Selasa.

Menurut Ganjar, Mahfud merupakan sosok yang pintar dan dapat memahami persoalan yang ada.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyebut Mahfud memiliki banyak pengalaman.

"Pak Mahfud orangnya rendah hati, beliau orang yang sangat cerdas, memahami persoalan cukup mudah, bukan berarti tidak punya pengalaman. Beliau adalah orang yang belajarnya sangat cepat sehingga beberapa konsepsi bisa disampaikan dan akan beliau umumkan, langsung kasih dong masukan-masukan yang sifatnya bagus," katanya.

Ia melanjutkan, "Ada ekonomi yang makronya, mungkin anggarannya, beliau pernah di legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Rasanya tidak sulit, beliau jauh lebih siap."

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Selepas debat pertama antarcapres pada hari Selasa (12/12), KPU akan menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada hari Jumat (22/12) di Jakarta Convention Center (JCC).

Debat kedua mengusung tema ekonomi mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat akan digelar dengan durasi 120 menit. Debat dimulai pukul 19.00 WIB, dan akan disiarkan langsung oleh stasiun TV.

Format debat kedua ialah semitownhall. Dalam debat kedua, KPU akan menyediakan podium.

Diketahui, KPU tidak menyiapkan podium pada debat pilpres pertama yang diikuti tiga capres. Para capres hanya berdiri di panggung saat memaparkan visi dan misi maupun tanya jawab.

Baca juga: Ganjar tanggapi calon Mentan dan Menteri KP bila terpilih
Baca juga: Ganjar setuju hapus syarat batas usia daftar kuliah dan kerja

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023