Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menjanjikan untuk memprioritaskan kesehatan ibu hamil sejak usia nol kehamilan.

"Sejak nol kehamilan seorang ibu harus mendapat perhatian, ini perintah agama menjaga keturunan itu kewajiban negara, kalau keturunannya sehat maka akan menghasilkan generasi unggul," kata pria yang akrab disapa Gus Imin itu dalam acara Slepet Imin di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa.

Menurut dia anggaran penanganan stunting sangat besar yakni Rp40 triliun, tetapi ia menilai lebih baik dialihkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

"Rp40 triliun ini daripada terlambat menangani anak, apalagi Rp40 triliun ini bisa digunakan sejak nol kehamilan seorang ibu, kenapa tidak digeser? Apalagi anggaran sebesar itu lebih banyak digunakan rapat daripada pelaksanaannya," ujarnya.

Gus Imin menyampaikan bahwa pendampingan dan pemantauan kesehatan ibu hamil bisa dilakukan memanfaatkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta kegiatan-kegiatan di desa.

Baca juga: Anies percaya Cak Imin bisa menyampaikan gagasan ketika debat nanti
Baca juga: KPU Semarang rampungkan perakitan kotak suara


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gibran pertajam wawasan perekonomian hingga perkotaan jelang debat
Baca juga: Mahfud: Korupsi akar utama terjadinya ketimpangan pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023