Presentase visi-misi AMIN itu lebih dari 60 persennya adalah ekonomi, dan tentu ini pekerjaan yang serius karena harus memilah dengan enam tema itu,
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar membaca ulang seluruh visi-misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN terutama di bidang ekonomi sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi debat kedua yang akan digelar pada Jumat (22/12).

​​​​"Yang saya persiapkan membaca-baca lagi semua visi-misi AMIN, terutama di bidang ekonomi," katanya di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (19/12).

Cawapres yang kerap disapa Gus Imin itu mengatakan presentase program untuk memajukan perekonomian Indonesia dalam buku visi-misi AMIN yakni sebanyak 60 persen, sehingga hal itu membuat dirinya harus fokus untuk memilah esensi dari visi-misi yang ada.

"Presentase visi-misi AMIN itu lebih dari 60 persennya adalah ekonomi, dan tentu ini pekerjaan yang serius karena harus memilah dengan enam tema itu," ujarnya.

Gus Imin menilai, diselenggarakannya debat capres dan cawapres memiliki tiga tujuan, yakni melibatkan masyarakat dalam agenda yang diperjuangkan oleh capres dan cawapres, menguji kualitas visi-misi agar sesuai dengan tuntutan masyarakat, serta sebagai indikator untuk menilai kesiapan menjalankan program-programnya.

Baca juga: Anies percaya Cak Imin bisa menyampaikan gagasan ketika debat nanti
Baca juga: KPU siapkan podium untuk kandidat pada debat cawapres


Adapun debat kedua yang akan digelar pada 22 Desember oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melibatkan tiga calon wakil presiden dengan tema meliputi ekonomi, keuangan, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, perkotaan, infrastruktur, serta investasi pajak.

KPU pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ketua TKN: Gibran sangat siap hadapi debat cawapres
Baca juga: Mahfud soal debat cawapres: Rajin baca-baca isu ekonomi di koran


Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023