Kupang (ANTARA) - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan 1.200 personel anggotanya, baik Ansor maupun Banser untuk membantu petugas keamanan di seluruh wilayah NTT mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Pasukan Banser akan membantu Polisi dan TNI dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru yang tersebar di 22 Kabupaten/Kota," kata Ketua PW GP Ansor NTT Ajhar Jowe di Kupang, Rabu.

Dia mengatakan hal ini berkaitan dengan keterlibatan GP Ansor NTT dalam membantu pihak kepolisian mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di provinsi tersebut.

Ajhar mengatakan keterlibatan GP Ansor dalam membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru bukan baru pertama kali dilakukan, namun setiap tahun pihaknya selalu terlibat aktif, tidak hanya pada saat Natal dan Tahun Baru, tetapi juga pada saat Paskah.

Menurut Ajhar, pihaknya juga terlibat dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 setelah menghadiri rapat koordinasi lintas semua elemen masyarakat serta Polri dan TNI untuk pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru di NTT lebih kondusif.

Dia juga menambahkan bahwa personel Banser yang diterjunkan juga berkoordinasi dengan aparat keamanan, dengan tujuan untuk mengetahui titik mana yang harus ditempati.

"Jadi tidak semua personel kita ditempatkan di satu tempat, tetapi disebar tentunya dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Biasanya teman-teman dari kepolisian punya data, gereja mana yang padat," ujar dia.

Menurut dia, berdasarkan laporan perkembangan masing- masing cabang GP Ansor pada tahun 2023 sekitar 80 persen pimpinan cabang se NTT melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Hanya beberapa cabang yang akan bergabung dengan lintas Ormas yang ada di masing-masing daerah," tutur dia.

Kepolisian Resor Kota Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur, menerjunkan 114 personel untuk bersiaga mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerah ini.

"Jumlah personel yang kita siapkan untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebanyak 114 personel yang mana mereka semua tergabung dalam Operasi Lilin Turangga 2023," kata Kapolres Kupang Kota Kombes Rishian Krisna Budhiaswanto.

Pihaknya juga melibatkan personel keamanan dari sejumlah pemuda lintas agama di Kota Kupang, termasuk dengan GP Ansor.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023