Dalam visi misinya pasangan Ganjar Mahfud secara jelas akan memperbesar alokasi kredit perbankan hingga 35 persen untuk diberikan kepada UMKM dan koperasi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Sumantri Suwarno mengatakan pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md telah menyiapkan program untuk mengalokasikan 35 persen kredit perbankan untuk koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Dalam visi misinya pasangan Ganjar Mahfud secara jelas akan memperbesar alokasi kredit perbankan hingga 35 persen untuk diberikan kepada UMKM dan koperasi," kata Sumantri dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Sumantri mengatakan hal tersebut dilakukan bukan tanpa pertimbangan. UMKM telah terbukti menjadi jaring pengaman nasional di setiap krisis ekonomi yang menimpa bangsa.

Baca juga: Dewan pakar TPN: Ganjar-Mahfud janji tambah hilirisasi industri

Baca juga: Dewan Pakar TPN paparkan strategi penciptaan 17 juta lapangan kerja


Sektor tersebut juga memberikan kontribusi besar terhadap penyerapan tenaga kerja, yakni sebesar 97 persen di tahun 2021. Hal itu juga yang membuat pasangan Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa pemerintah harus memberikan afirmasi kepada koperasi dan UMKM.

Kemudian dari sisi penyerapan produk barang dan jasa, belanja APBN akan diarahkan untuk memberikan ruang belanja bagi produk koperasi dan UMKM hingga 50 persen.

Menurutnya hal tersebut akan memperbaiki kualitas bisnis UMKM dan koperasi dari sisi akses pendanaan dan pemasaran.

Baca juga: TPN pastikan Ganjar-Mahfud mampu tingkatkan partisipasi angkatan kerja

Keberpihakan dan afirmasi kepada UMKM perlu dilakukan untuk menjaga kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan melibatkan seluruh komponen baik BUMN, korporasi swasta, maupun ekonomi rakyat melalui koperasi dan UMKM.

"Pertumbuhan ekonomi dengan mesin pertumbuhan yang melibatkan semua kelompok masyarakat selain lebih tahan krisis juga menjadi langkah nyata menuju bangsa yang berdikari secara ekonomi," tuturnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023