Jadi totalnya ada 21. Komposisinya 5 udara, 6 kereta api dan 10 laut
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merampungkan 21 dari total 35 Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor transportasi sepanjang 2020-2023.

“21 itu selesai konstruksi, untuk Bandar Udara Internasional Yogyakarta sudah operation. Labuan Bajo, Lombok Raya, di BauBau, Fak Fak. Itu lima yang sudah selesai untuk bandara,” kata Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto saat Jumpa Pers Akhir Tahun di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu.

Kemudian ada enam kereta api yang telah rampung, yakni Kereta Api Tebang Tinggi-Kuala Tanjung Sumatera Utara, Kereta Api Makassar-Parepare Sulawesi Selatan Tahap 1, LRT Metro Palembang Sumatera Selatan, LRT Jabodebek, dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Lalu untuk pelabuhan, terdiri dari 10 proyek yang konstruksinya telah diselesaikan Kemenhub. Secara rinci, pelabuhan KEK Malay Kalimantan Timur, Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Pelabuhan Hub Internasional Bitung, Pelabuhan Kupang, Pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung, Pelabuhan Terminal Kijing, Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Patiman, Pelabuhan Likupang serta Makassar Newport.

“Jadi totalnya ada 21. Komposisinya 5 udara, 6 kereta api dan 10 laut,” ucapnya.

Lebih lanjut Sekjen Novie mengatakan akan ada sembilan proyek yang selesai pada rentang 2023-2024 salah satunya adalah Bandara Dhoho Kediri yang direncanakan akan beroperasi dan diresmikan dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, juga ada Bandara Raja Haji Abdullah Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau juga yang akan menyusul beroperasi pada 2024.

Sedangkan untuk di atas 2024, Kemenhub masih memiliki lima proyek yang harus diselesaikan yaitu pengembangan MRT Jakarta untuk lanjutan North-South serta East-West.

“Di atas 2024 mostly kereta api ada lima pekerjaan, MRT akan dilanjutkan East-West dan North-South. Memang MRT akan masif sekali,” kata dia.

Merujuk pada Permenko Nomor 8 Tahun 2023 tentang Perubahaan Keempat Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional, terdapat 35 PSN sektor transportasi yang terdiri dari 7 tujuh PSN sektor udara, 13 PSN sektor Kereta Api dan 15 PSN sektor pelabuhan.

Baca juga: Kemenhub prediksi 107 juta masyarakat lakukan perjalanan selama Nataru

Baca juga: Kemenhub pastikan kesiapan armada kapal terpenuhi

Baca juga: KAI: Belum ada regulasi prokes dari Kemenhub untuk penumpang kereta

Baca juga: Kemenhub "ramp check" bus AKAP dan pariwisata jelang Natal-tahun baru


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023