Jakarta (ANTARA) -
Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menyatakan kelakar dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, soal orang-orang yang tak mengucapkan kata "amin" dan membuat simbol dua jari saat salat merupakan hal yang tidak lucu.

Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David, mengatakan, ucapan politikus yang kini menjabat menteri perdagangan itu kehilangan unsur jenaka. Apalagi isu bercandaan itu menurut dia menyinggung ke salah satu agama tertentu.

Baca juga: Majelis Nasional Pergerakan Insan Cita For AMIN deklarasi dukung AMIN

"Kapasitas beliau sebagai menteri, kapasitas beliau sebagai ketua partai politik di forum yang seperti itu, tentu semua orang menyayangkan," kata David, di Jakarta, Rabu. Menurut dia, bantahan apapun yang nantinya keluar dari timnya Zulkifli maupun dari Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran percuma, karena perkataan itu sudah terlanjur keluar. Apalagi, kata dia, ucapan Zulkifli itu sudah dengan mudah ditemukan di media sosial.

Ia merasa, Zulkifli perlu segera menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas ucapannya tersebut. Karena dia menilai perkataan-perkataan seperti itu bisa banyak dipersepsikan oleh publik secara luas. "Itu juga pasti akan menyinggung beberapa golongan, banyak orang juga yang tersinggung dari pernyataan beliau," kata dia.

Baca juga: Timnas AMIN klaim dapat banyak dukungan dari komunitas agama

Untuk itu, dia mengajak kepada para tokoh publik untuk bisa menjaga tutur kata dan tutur bahasa. Kelakar soal agama seperti yang disampaikan Zulkifli, menurutnya harus dihindari.

"Kemarin kan ketika nggak lama setelah Pak Prabowo bilang 'ndasmu' terus kemudian Pak Zulhas," katanya.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan menyampaikan kelakar soal perubahan masyarakat saat salat ketika memberikan sambutan di acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Selasa (19/12).

Baca juga: Gerakan Rakyat aktif kampanyekan gagasan dari AMIN di wilayah 3T

Rekaman video ucapan Zulkifli itu pun kini menjadi topik yang diperbincangkan di media sosial. Salah satunya di media sosial X yang hingga Rabu ini memiliki unggahan sebanyak 27 ribu dengan kata kunci Zulhas.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023