Jakarta (ANTARA) -
Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengklaim mendapat banyak dukungan dari berbagai komunitas agama untuk memenangi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Juru Bicara Timnas AMIN Angga Putra Fidrian mengatakan sejumlah komunitas agama Kristen, Hindu, dan Buddha sudah banyak mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan calon nomor urut 1 itu.

"Jadi dukungan itu sudah banyak, bahkan itu sudah ada sebelum dimulainya masa kampanye kemarin," kata Angga di Jakarta, Selasa.

Menurut Angga banyaknya dukungan yang mengalir dari tokoh lintas agama tersebut menepis anggapan bahwa AMIN hanya didukung oleh kebanyakan umat Islam saja.
 
Ia mencontohkan adanya dukungan tokoh lintas agama di Magetan, Jawa Timur dan sejumlah wilayah lainnya sudah dideklarasikan sejak beberapa bulan lalu. Bahkan, kini dukungan juga semakin banyak dari berbagai kalangan seperti seniman dan budayawan, kata dia.

"Beberapa juga sudah banyak datang langsung ke kediaman Pak Anies dan Gus Imin juga untuk menyatakan dukungan," kata Angga.

Baca juga: Anies kunjungi Ponpes Al-Aziziyah NTB untuk minta doa para alim ulama
Baca juga: KPU DKI usulkan penggunaan Wisma Atlet jadi gudang logistik Pemilu

Timnas AMIN juga sejak awal Desember telah membuat jadwal safari Natal sebagai bukti hubungan baik yang terbangun oleh pasangan AMIN dengan agama apa pun.

Kegiatan itu bertujuan untuk menyebarkan pesan persatuan dan kesatuan dalam membangun Indonesia ke depan, serta ditujukan tidak hanya kepada umat nasrani namun penganut agama lainnya.

Angga menegaskan beragam dukungan dan deklarasi tersebut menunjukkan pasangan AMIN memiliki hubungan baik dengan berbagai tokoh agama, sehingga memudahkan kolaborasi dan sinergi skala nasional apabila terpilih memimpin Indonesia pada 2024
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKN Prabowo-Gibran pastikan Prabu Revolusi tidak masuk struktur
Baca juga: Dewan Pakar TPN paparkan strategi penciptaan 17 juta lapangan kerja

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023