Pekerjaan harus dihentikan dengan baik, artinya aspal jalan dikembalikan seperti semula...
Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menghentikan seluruh pekerjaan fisik seperti pembangunan jalan dan trotoar, mulai H-7 Lebaran,  sehingga arus lalu lintas selama libur Lebaran bisa tetap lancar.

"Selain pekerjaan fisik yang kami lakukan, kami juga sudah meminta pekerjaan fisik yang dikerjakan oleh Pemerintah DIY bisa dihentikan pada H-7 Lebaran, salah satunya adalah pembuatan saluran air limbah," kata Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta Toto Suroto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pekerjaan fisik dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang akan dihentikan pada H-7 di antaranya adalah pembangunan ruas Jalan Batikan, pelebaran jalan di Simpang Gading dan perbaikan trotoar di depan Gedung Agung serta perbaikan talud Sungai Code di Jalan Ahmad Jazuli.

Khusus untuk pekerjaan penggantian trotoar dengan batu kali di depan Gedung Agung, Toto mengatakan sudah akan segera diselesaikan sehingga saat H-7 Lebaran tidak ada lagi pekerjaan yang tersisa.

Sedangkan untuk Jalan Batikan dan Jalan Ahmad Jazuli, meskipun pekerjaan akan dihentikan H-7 Lebaran namun kedua ruas jalan tersebut masih akan tertutup untuk kendaraan.

"Warga bisa menggunakan Jalan Glagahsari untuk mengakses lokasi sekitar Jalan Batikan. Kami pun berharap, pemerintah DIY bisa segera menyelesaikan pekerjaan pembangunan saluran air limbah di Jalan Glagahsari sehingga ruas jalan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dan pemudik," katanya.

Selain ruas Jalan Glagahsari, pembangunan saluran air limbah juga dilakukan di beberapa ruas jalan lain seperti Pakualaman, Kotabaru, dan Gejayan. "Ada pembangunan yang sudah diselesaikan dan jalan kembali diaspal, namun ada juga yang baru diaspal," katanya.

Toto menegaskan, akan melakukan pengecekan pada seluruh pekerjaan fisik di Kota Yogyakarta pada H-7 Lebaran untuk memastikan seluruh pekerjaan sudah dihentikan.

"Pekerjaan harus dihentikan dengan baik, artinya aspal jalan dikembalikan seperti semula sehingga pengguna jalan bisa melewatinya dengan lancar, tidak ada hambatan," kata Toto yang menyebut secara keseluruhan kondisi jalan di Kota Yogyakarta dalam keadaan baik dan siap menerima pemudik.

Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta juga sudah menyiapkan tim piket selama libur Lebaran untuk mangantisipasi apabila sewaktu-waktu ada kerusakan jalan.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013