Lebak (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengimbau masyarakat mewaspadai potensi erupsi Gunung Salak yang berlokasi di Kabupaten Bogor.
 
"Kita berharap erupsi Gunung Salak tidak menimbulkan bencana alam," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal di Lebak, Rabu.
 
Peringatan kewaspadaan itu untuk mengurangi risiko kebencanaan, karena wilayah Kabupaten Lebak juga masuk hamparan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).
 
Oleh karena itu, masyarakat Kabupaten Lebak khususnya di wilayah Kecamatan Lebak Gedong, Cipanas dan Muncang harus tetap waspada terkait potensi erupsi Gunung Salak.

Baca juga: TNGHS tutup sementara jalur pendakian Gunung Salak

Baca juga: PVMBG catat peningkatan gempa tektonik lokal di Gunung Salak
 
"Kita minta masyarakat tetap waspada, meski lokasinya jauh dengan Gunung Salak," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, BPBD Lebak saat kini juga tengah mempersiapkan diri menghadapi perayaan Natal dan tahun baru karena khawatir curah hujan meningkat.
 
Apabila, curah hujan meningkat dipastikan berpotensi menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor dan angin kencang.
 
"Dengan demikian, peralatan evakuasi harus berfungsi dengan baik dan bisa dioperasikan untuk penanganan kebencanaan," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023