Rute paling tinggi secara nasional dari Jakarta, Denpasar, dan Medan. Untuk penerbangan dari Batam mendominasi ke Jakarta dan Medan, dan ada penambahan penerbangan untuk dua rute itu dari maskapai yang beroperasi dari Lion Group dan Garuda Group
Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau menambah tujuh jadwal penerbangan domestik menjelang libur akhir tahun 2023, Natal 2023 - Tahun Baru 2024.

Direktur Operasional Bandara Internasional Batam Nugroho Jati di Batam, Rabu mengatakan penambahan jadwal penerbangan tersebut untuk memastikan ketersediaan angkutan udara bagi masyarakat dengan rute Batam - Medan dan Batam - Jakarta.

"Rute paling tinggi secara nasional dari Jakarta, Denpasar, dan Medan. Untuk penerbangan dari Batam mendominasi ke Jakarta dan Medan, dan ada penambahan penerbangan untuk dua rute itu dari maskapai yang beroperasi dari Lion Group dan Garuda Group," kata Nugroho.

Ia memperkirakan kenaikan arus penumpang mencapai 10.500 per hari menjelang momen libur akhir tahun.

Sementara untuk puncak arus penumpang terjadi pada 22 dan 23 Desember 2023 serta 2 Januari 2024, sekitar 12 ribu penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Hang Nadim Batam.

Dengan begitu, pihaknya memastikan seluruh kesiapan dari petugas, fasilitas serta pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik selama periode Natal-Tahun Baru.

“Kita prediksikan ada peningkatan lalu lintas dan peningkatan jumlah penumpang. Kita juga patut bersama-sama untuk saling menjaga kondisifitas terutama bagi yang merayakan Natal dan keramaian tahun baru,” ujar dia.

Untuk menjaga keamanan selama momen Natal-Tahun Baru, BIB menyiagakan sekitar 40 personel dan dibantu dari personel eksternal dari TNI/Polri, SAR, serta bantuan dari gabungan dari PLN, Imigrasi, Bea Cukai dan Karantina.

“Semua personel siap siaga untuk pengamanan Natal-Tahun Baru. Lokasi posko tahun ini kita alihkan ke sisi utara terminal karena bandara lagi dalam proses pembangunan,” ujar Nugroho.

Nugroho menambahkan meski jadwal penerbangan terbatas hingga pukul 22.00 WIB, pihaknya tetap mengoperasikan bandara selama 24 jam untuk mengantisipasi keadaan darurat penerbangan internasional dengan tujuan Bandara Changi Singapura.

Baca juga: Komisi VI DPR RI dukung pengembangan Bandara Hang Nadim lebih modern

Baca juga: Manajemen Bandara Batam: Tak ada gangguan penerbangan akibat karhutla

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023