Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Billy David, menilai debat kedua antara calon wakil presiden (cawapres) akan lebih disorot oleh publik dibandingkan debat pertama yang menghadirkan para calon presiden (capres).

Ia merasa dinamika yang terjadi pada debat pertama menyebabkan publik semakin antusias untuk menyaksikan debat kedua. Di samping itu, menurutnya calon presiden nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka bakal menjadi sorotan dalam kegiatan debat tersebut. "Bahkan kalau saya rasa, saya prediksikan antusiasmenya melebihi debat yang pertama," kata dia, di Rumah Pemenangan Timnas AMIN, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Timnas AMIN harap JK ikut kampanye

Menurut dia, debat cawapres juga bakal menjadi menarik karena sebelumnya banyak perdebatan soal format debat tersebut. Beberapa waktu lalu, ada beberapa isu usulan agar debat cawapres ditiadakan hingga debat cawapres yang didampingi oleh capres.

Sejauh ini, menurutnya cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar bakal berkomunikasi dengan pasangannya yakni Anies Baswedan untuk singkronisasi isu yang akan diangkat pada saat debat nanti.

Baca juga: NasDem: JK tambah kekuatan dukung Anies-Muhaimin

Selain itu, menurutnya pria yang akrab disapa Cak Imin itu tidak memiliki persiapan khusus sebelum debat. Sebab persiapan debat yang dilakukan Cak Imin menurutnya sudah dilakukan sehari-hari saat masa kampanye. "Forum-Forum seperti 'Slepet Imin' yang kemarin baru dilakukan di Depok, terus forum-forum adu gagasan yang lain, itu sudah membuat persiapan yang panjang," katanya.

Ia pun memastikan ketua Partai Kebangkitan Bangsa itu sudah siap 100 persen menghadapi debat cawapres. Paling tidak, kata dia, isu-isu terkait topik debat cawapres itu sudah pernah digeluti oleh Cak Imin.

Baca juga: Majelis Nasional Pergerakan Insan Cita For AMIN deklarasi dukung AMIN

KPU telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Ketiganya akan menghadapi debat yang akan berlangsung lima kali selama masa kampanye hingga 10 Februari 2024. Debat perdana untuk capres pun telah digelar pada Selasa, 12 Desember 2023. Adapun debat untuk cawapres akan berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023, dengan sejumlah topik meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023