Solo (ANTARA) - PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyiapkan sebanyak 29 perjalanan kereta api (KA) reguler pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"29 perjalanan KA reguler ini termasuk empat KA tambahan, yaitu Taksaka dan Lodaya," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Ia mengatakan totalnya selama periode Natal dan tahun baru ini KAI Daop 6 menyediakan 32 lokomotif dan 280 kereta. Untuk perjalanan KA lokal sebanyak 90 perjalanan.

Ia mengatakan hingga saat ini penjualan tiket selama masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 secara keseluruhan di Daop 6 sudah terjual sebesar 58 persen atau sebanyak 182.415 tiket.

"Memang tiket kelas ekonomi yang terjual sudah di atas 98 persen, tapi masih banyak yang tersedia seperti Taksaka, Argo Dwipangga, Lodaya, KA Manahan, dan KA jurusan ke Surabaya ada Sancaka," katanya.

Ia mengatakan penjualan tiket pada sejumlah kereta api yang disebutnya masih di bawah 50 persen.

Sementara itu, demi memastikan kelancaran perjalanan KA, dikatakannya, PT KAI akan menambah jumlah personel, di antaranya untuk pemeriksaan jalur terutama di jalan rel dan jembatan.

"Yang semula pemeriksaan dua kali sehari, kali ini untuk memeriksa KA pagi pertama, KA malam pertama, dan siang satu hari lagi. Di sela itu ada petugas pam jalur," katanya.

Mengenai jalur rawan di Daop 6, dikatakannya, dipetakan menjadi tiga daerah rawan, tepatnya di petak jalan antara Sumberlawang, Kalioso, dan Goprak.


Baca juga: KAI Daop 1: Tiket untuk libur Natal-tahun baru masih tersedia 400 ribu

Baca juga: KAI Daop 6 operasikan Kereta Luxury New Generation Solo Balapan-Gambir

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023