Impian kami menjadikan Pulau Soop sebagai destinasi wisata yang terdekat dari Kota Sorong
Sorong, Papua Barat (ANTARA) - Pertamina EP Papua Field melakukan rehabilitasi terumbu karang dalam rangka keberlanjutan pariwisata di Pulau Soop, Sorong, Provinsi Papua Barat.

"Impian kami menjadikan Pulau Soop sebagai destinasi wisata yang terdekat dari Kota Sorong," ujar Manager Field Pertamina EP Papua Field Muslim Nugraha di Sorong, Papua Barat, Rabu.

Menurut Muslim, keindahan panorama bawah laut Pulau Soop tidak kalah dengan Raja Ampat. Ke depannya dia berharap turis domestik maupun internasional sebelum berwisata ke Raja Ampat, mereka bisa dulu mampir ke Pulau Soop.

Upaya rehabilitasi terhadap terumbu karang dilakukan dalam rangka keberlanjutan pariwisata di Pulau Soop.

Pertamina EP Papua Field memiliki program unggulan berupa rehabilitasi terumbu karang di dua tempat yakni Pulau Misool dan Pulau Soop, Papua Barat.

Rehabilitasi terumbu karang di Pulau Misool sudah dimulai sejak 2021, sedangkan di Pulau Soop dimulai 2022. Total area rehabilitasi terumbu karang secara keseluruhan seluas 1.007 m2.

Pertamina EP Papua Field merehabilitasi terumbu karang di Pulau Misool sejumlah 9.902 fragmen. Kemudian rehabilitasi terumbu karang di Pulau Soop sejumlah 1.248 fragmen.

"Kenapa kita melakukan rehabilitasi terumbu karang di Pulau Soop? Karena dulunya masyarakat menggunakan bom ikan ketika mencari ikan, hal tersebut kemudian membuat kerusakan terhadap ekosistem yang ada di situ," ujar Muslim.

Pertamina EP Papua Field bekerja sama dengan SKK Migas, Yayasan Kasuari, Pemerintah Kota Sorong, dan masyarakat berupaya untuk mengembalikan lagi kondisi yang ada.

"Dari 2022 kita mulai melihat dampak dari perbaikan ekosistem yang kita lakukan melalui rehabilitasi terumbu karang. ikan-ikan yang dulunya menjauh akibat bom ikan, sekarang sudah mulai kembali ke perairan sekitar Pulau Soop," kata Muslim.

Baca juga: Pertamina EP gandeng PLN penuhi pasokan listrik Lapangan Klamono Papua

Baca juga: Pertamina EP lakukan pengeboran empat sumur minyak di Kabupaten Sorong

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023