Jakarta (ANTARA) -
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md akan tampil apa adanya di panggung debat cawapres yang berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023, namun Mahfud
dengan pengalaman panjang selama ini, siap menyampaikan pemikiran dan gagasan untuk bangsa ini.
 
Hal itu disampaikan Juru Bicara TPN (Tim Pemenangan Nasional) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.
 
"Jadi, debat tidak dianggap hanya sebatas show yang harus dipoles, diberi komestik performa sedemikian rupa. Kami menghargai orisinalitas Pak Mahfud dan pengalaman panjang beliau, sehingga beliau akan tetap tampil genuine, dengan segala kecerdasan intelektual dan rekam jejak yang beliau miliki,” kata Seno.
 
Menurutnya, Mahfud memahami debat sebagai wahana mengartikulasikan pemikiran dan solusi dari modal pengalaman dan rekam jejak menghadapi masalah. Apalagi Mahfud sering menghadapi uji gagasan di eksektutif, saat berinteraksi dengan DPR.
 
Meski punya rekam jejak gemilang dengan segala situasi, lanjut Seno, Mahfud tetap terus berdiskusi dan menambah wawasan dengan beragam pakar. Di TPN, ada banyak pakar dan praktisi ekonomi yang senantiasa menjadi mitra diskusi.
 
“Pengalaman dan reputasi panjang Pak Mahfud sebagai pendekar hukum penting. Karena berbagai target pertumbuhan ekonomi dan distribusi keadilan berkaitan erat dengan kebutuhan akan kepastian hukum,” ujar Seno.
 
Seno mengatakan, bila kepastian regulasi bisa ditegakkan, rasa aman dan nyaman muncul, investasi bisa masuk dengan aman dan diorientasikan pada kemakmuran rakyat.
 
“Korupsi bisa disikat sehingga anggaran bisa digunakan untuk pembangunan. Pelanggar hukum akan berpikir dua kali, sehingga iklim usaha dan entrepreneurship bisa lebih subur,” kata Seno.
 
KPU menetapkan tema debat kedua, yakni ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
 
KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023