Peningkatan lalu lintas sudah mulai, tapi belum signifikan
Semarang (ANTARA) - PT Jasa Marga Semarang-Batang menyebutkan bahwa trafik arus kendaraan di jalur Tol Semarang-Batang saat ini sudah mulai menunjukkan peningkatan menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Peningkatan lalu lintas sudah mulai, tapi belum signifikan," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Nasrullah, di sela tinjauan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Semarang, Rabu.

Dibandingkan dengan situasi normal atau pada hari-hari biasa, kata dia, arus kendaraan yang masuk ke Semarang pada 18-19 Desember 2023 sudah terpantau naik sekitar 42 persen.

Meski arus kendaraan sudah mulai meningkat, ia mengatakan Jasa Marga Semarang-Batang masih belum menambah pembukaan pintu gerbang tol, sebab puncak arus kendaraan diprediksi pada 23 Desember mendatang.

"Kami prediksi mungkin puncaknya hari Sabtu (23/12), itu per hari sekitar 35.000 kendaraan. Dengan kapasitas itu, insya Allah kami masih bisa melayani arus lalu lintas dengan baik," katanya.

Saat beban puncak kendaraan di jalur tol nanti, kata dia, pihaknya bisa membuka pintu gerbang tol maksimal 21 pintu, sebagaimana diterapkan pada arus mudik Lebaran lalu.

"Untuk rekayasa (lalu lintas), kami masih menunggu arahan kepolisian. Kalau untuk arus balik Natal dan tahun baru, diperkirakan di tanggal 1 Januari 2024," pungkas Nasrullah.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan bahwa arus kendaraan, terutama di jalur tol menjelang libur Natal dan Tahun Baru sejauh ini masih lancar.

"Diperkirakan arus mudiknya puncak tanggal 23 Desember ya, hari Sabtu. Itu diperkirakan ada 35.000 kendaraan per hari. Tadi saya hitung sekitar 2.000 kendaraan per jamnya," katanya.

Di sela pantauan lalu lintas arus jelang Natal dan tahun baru, Ita, sapaan akrab Hevearita menyampaikan bahwa PT Jasa Marga Semarang-Batang sudah menyiapkan berbagai antisipasi.

"Tadi Pak Direktur menyampaikan sudah ada derek-derek kalau terjadi namanya kemacetan, kecelakaan, dan sebagainya," katanya, didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar.

Baca juga: Pengelola Tol Semarang-Solo pastikan kesiapan hadapi libur akhir tahun
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023