Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku senang dengan semangat anak-anak muda yang tergabung dalam Barisan Advokasi Keadilan Indonesia Ganjar-Mahfud (BAKI GAMA) 03.

"Saya senang spirit kawan-kawan muda ini akan mengawal jalannya demokrasi dengan baik, akan membuat hotline services (layanan pengaduan) agar bisa melayani masyarakat yang mempunyai problem, khususnya yang terkait dengan problem-problem di kepemiluan," kata Ganjar di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga berterima kasih terhadap deklarasi dukungan dari BAKI GAMA 03 yang terdiri dari para pengacara maupun anak-anak muda.

Ia berharap dengan dukungan dari BAKI GAMA 03 maka semakin memperkuat kekuatan pasangan Ganjar-Mahfud dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Mudah-mudahan (dukungan) ini makin memperkuat kekuatan yang dimiliki oleh Ganjar-Mahfud, sehingga banyak persoalan di seluruh Indonesia (dengan) kawan-kawan yang cukup banyak jumlahnya ini akan bisa membantu. Nanti kami akan kirimkan mereka untuk terjun ke lapangan," ujarnya.

Sementara itu, ia mengatakan layanan pengaduan dari sukarelawan tersebut akan berbeda dengan milik Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Meskipun, sukarelawan tersebut membuat layanan pengaduan dengan tujuan yang sama, yakni untuk memfasilitasi masyarakat.

"TPN secara formal punya, tetapi ini ada dukungan dari kelompok-kelompok masyarakat tentu saya sangat menghormati, kami sangat menghargai dan mengapresiasi karena itu tumbuh dari bawah secara bottom-up mereka ingin terlibat untuk sebuah kebaikan," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar akan gandeng perguruan tinggi wujudkan program pembangunan
Baca juga: Ganjar ungkap isu yang akan dibawa Mahfud saat debat kedua

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023