Little Rock, Arkansas (ANTARA News) - Sebuah taman air terkenal di Arkansas secara sukarela menutup fasilitas hiburan itu setelah seorang bocah perempuan berusia 12 tahun yang baru berenang di tempat itu dipastikan terkena parasit meningitis yang langka, kata pihak berwenang, Senin.

Reuters melaporkan Departemen Kesehatan Arkansas dan Pusat Pencegahan serta Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat membenarkan kasus tersebut pekan lalu.

Pemilik Taman Air Willow Springs --taman yang sudah beroperasi selama 85 tahun, Jumat, menutup tempat tersebut.

Penyakit itu disebabkan oleh "amuba pemakan otak" yang biasa ditemukan di air sungai yang hangat, danau dan parit-parit, khususnya di wilayah AS Selatan, tulis CDC.

Parasit itu dapat menyebabkan infeksi yang jarang terjadi pada otak tetapi mematikan. Ketika parasit memasuki tubuh melalui hidung, maka penyakit mulai menyebar, kata Departemen Kesehatan Arkansas.

Juru bicara Departemen Kesehatan Arkansas, Ed Barham, mengatakan suatu pemeriksaan dilakukan serta memastikan bahwa amuba itu ditemukan pada air kolam di taman tersebut.

Anak gadis yang terkena virus itu sekarang dalam keadaan kritis dan dirawat di rumah-sakit anak di Little Rock, kata Departemen Kesehatan Arkansas, Senin.

Itu merupakan kasus ke enam untuk penyakit tersebut selama 40 tahun di Arkansas, kata pihak Departemen Kesehatan, yang menambahkan bahwa kasus sebelumnya terjadi pada 2010.

Tercatat 31 kasus penyakit meningitis tersebut di seluruh AS sejak 2003 hingga 2012, kata CDC.

"Ini merupakan kasus yang sangat langka," kata Dirk Haselow, ahli penyakit menular.

"Suatu kasus sporadis yang menyerang satu di antara 33 juta."


Penerjemah: Maria D Andriana

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013