Beijing (ANTARA) - Para kru Shenzhou-17, yang saat ini berada di stasiun luar angkasa China, akan melakukan aktivitas di luar wahana antariksa (spacewalk) pertama mereka dalam beberapa hari ke depan, demikian diumumkan Badan Antariksa Berawak China (CMSA) pada Rabu (20/12).

Para astronaut telah berada di kompleks orbit tersebut selama 54 hari dan menjalani hampir sepertiga dari total durasi misi luar angkasa mereka yang direncanakan berlangsung selama enam bulan.

Sejauh ini, mereka telah menuntaskan rotasi kru dengan para astronaut Shenzhou-16, pemeliharaan platform stasiun luar angkasa, dukungan kehidupan dan kesehatan, inspeksi dan pengujian pakaian EVA, inspeksi peralatan pesawat kargo antariksa Tianzhou-6, serta persiapan untuk misi spacewalk mendatang.

Mereka juga telah melakukan pelatihan pengoperasian lengan robotik, latihan penyelamatan darurat, latihan penyelamatan medis, dan latihan keadaan darurat tekanan sistem penuh (full-system pressure emergencies). Eksperimen ilmu pengetahuan antariksa juga berjalan lancar.

CMSA mengungkapkan bahwa para kru Shenzhou-17 dalam keadaan sehat, dan kombinasi stasiun luar angkasa beroperasi dengan stabil.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023