Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic Foundation, yang didirikan oleh petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic bersama istri Jelena, fokus untuk membantu meningkatkan aksesibilitas pendidikan anak di negara asal sang petenis, Serbia.

Penggalangan dana selama musim liburan Natal dan Tahun Baru atau Season of Giving tahun ini akan digunakan untuk melengkapi tiga ruang belajar, koridor, dan kamar mandi baru di bagian bobrok sebuah sekolah dasar di Rvati, sebuah desa di bagian barat Serbia.

Novak Djokovic Foundation telah menginvestasikan 15 juta euro di Serbia, membangun 58 taman kanak-kanak dan memberi dampak pada kehidupan lebih dari 54.800 anak.

"Tidak ada kemenangan yang lebih penting daripada kemenangan yang kita raih bersama tahun demi tahun dengan mengikutsertakan lebih banyak anak dalam program tahun-tahun awal dan memungkinkan mereka untuk berkembang dengan cara terbaik," kata Djokovic, seperti disiarkan laman resmi ATP Tour, Kamis.

"Bersama dengan mitra, donatur, teman, dan lembaga yang mendukung kami, kami meningkatkan kesadaran akan tujuan penting ini demi masa depan yang lebih bahagia, dan saya bangga bahwa jumlah komunitas kami semakin bertambah dan semakin berdedikasi untuk mewujudkan tujuan ini," ujar peraih gelar tur sebanyak 98 kali itu.

Baca juga: Djokovic pastikan tutup tahun sebagai petenis peringkat satu dunia

Misi utama Novak Djokovic Foundation, yang didirikan pada 2007, adalah memastikan setiap anak di Serbia memiliki akses terhadap pendidikan pra-sekolah pada 2030.

"Misi dan inspirasi kami setiap harinya adalah menciptakan kondisi terbaik untuk investasi yang lebih dinamis dan bermakna bagi anak-anak dan masa depan mereka, dan kami sangat senang membaginya dengan semakin banyak teman yang mendukung nilai-nilai kami setiap tahunnya," kata Jelena Djokovic, yang juga merupakan CEO Global yayasan tersebut.

"Dorongan yang kami peroleh dari setiap kesuksesan dan kebahagiaan anak-anak dan keluarga membuka peluang untuk tujuan yang lebih besar dan ide-ide baru, dan kami yakin bahwa penggalangan dana untuk tiga ruang belajar lainnya di Rvati akan menjadi kesempatan besar lainnya untuk menegaskan kemanusiaan, solidaritas dan kebijaksanaan setiap orang yang akan bekerja bersama kami selama Season of Giving."

Sebuah taman kanak-kanak di kota Odzaci baru-baru ini membuka pintunya bagi 100 anak sebagai hasil dari penggalangan dana pada Season of Giving 2022. Keberhasilan penggalangan dana tahun itu juga memungkinkan yayasan tersebut untuk membekali taman kanak-kanak lainnya, di kota Beocin, yang memiliki murid sebanyak 175 anak.

Baca juga: Djokovic dan Swiatek mulai musim 2024 dengan tampil di Perth

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023