Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic dan Iga Swiatek akan membuka musim 2024 dengan tampil di Perth, Australia, setelah petenis Serbia dan Polandia itu dipastikan tampil memperkuat negara masing-masing di turnamen beregu United Cup, Senin.

Serbia akan berhadapan dengan Republik Ceko dan China, sedangkan Polandia akan bertemu Spanyol dan satu negara lagi yang belum ditentukan pada ajang yang berlangsung mulai 29 Desember sampai 7 Januari mendatang, demikian dikutip dari AFP.

Juara bertahan AS, yang akan diperkuat Taylor Fritz dan Jessica Pegula, juga akan bermain di Perth, bersama Australia dan Britania.

Unggulan kedua Yunani yang dihuni Stefanos Tsitsipas dan Maria Sakkari akan memulai petualangan mereka di Sydney melawan Kanada. Kanada akan diperkuat oleh Felix Auger-Aliassime dan Leylah Fernandez.

Juara Grand Slam Angelique Kerber juga akan tampil di Sydney untuk melakukan penampilan perdananya setelah sempat absen bermain karena melahirkan. Ia akan mewakili Jerman bersama Alexander Zverev melawan Prancis dan Italia.

Borna Coric dan Donna Vekic akan memimpin Kroasia melawan Belanda dan Norwegia.

Baca juga: Petenis veteran Gael Monfils menangi gelar ATP ke-12nya di Stockholm

Masing-masing tim yang terdiri dari tiga petenis putra dan tiga petenis putri akan memainkan turnamen dengan format round robin. Pertandingan yang akan dimainkan menampilkan satu pertandingan tunggal putra, satu pertandingan tunggal putri, dan satu pertandingan ganda campuran.

Para juara grup di tiap-tiap kota akan melaju ke perempat final, bersama satu tim peringkat kedua terbaik.

Pertandingan semifinal dan final akan dimainkan di Sydney, dan terdapat uang hadiah (prize money) senilai 15 juta dolar serta poin untuk peringkat ATP dan WTA.

Baca juga: Hurkacz taklukkan Rublev untuk menangi Shanghai Masters
Baca juga: Pegula raih gelar kedua musim ini usai juarai WTA Korean Open

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023