Jakarta (ANTARA) - Danielle Collins mengamankan tempat di final WTA 1000 pertamanya di Miami, Kamis waktu setempat atau Jumat WIB, dengan kemenangan dominan atas Ekaterina Alexandrova.

Collins, yang berencana untuk mengakhiri karier profesionalnya musim ini, akan menghadapi peringkat keempat Elena Rybakina di final.

Petenis berusia 30 tahun itu membantah bahwa pencapaian hebatnya ke empat besar adalah hasil dari permainannya yang bebas tanpa beban setelah mengumumkan niatnya untuk pensiun pada akhir tahun ini.

Namun, sekali lagi petenis Amerika itu tampak saat ia mengambil alih kendali penuh pertandingan melawan petenis Rusia Alexandrova, yang mengalahkan peringkat satu dunia Iga Swiatek pada babak keempat sebelum mengalahkan unggulan kelima Jessica Pegula.

"Lebih istimewa lagi jika saya datang ke negara bagian asal saya," kata Collins, yang berasal dari St. Petersburg dekat Tampa, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Saya menjalani beberapa tahun yang baik di sini, tapi ini jelas merupakan tahun yang paling berkesan."

Baca juga: Collins kalahkan Garcia untuk capai semifinal Miami Open

Alexandrova mematahkan servisnya di awal set pertama, namun Collins dengan cepat mengembalikan permainan untuk unggul 4-2 dan merebut set tersebut.

Petenis Amerika itu kemudian mematahkan servis gim pertama Alexandrova pada set kedua dan melaju pada set tersebut untuk melengkapi kemenangan pada menit ke-74.

"Saya sudah mengikuti semua pertandingannya di turnamen ini, menyenangkan menontonnya karena kami punya gaya permainan yang sangat mirip. Rumit kalau seperti itu," ujar Collins.

"Itu memaksa saya untuk berkonsentrasi lebih keras, bereaksi lebih cepat dan benar-benar memaksa saya untuk bermain di level tertinggi saya."

Baca juga: Rybakina berhasil lepas dari tekanan Azarenka untuk capai final Miami

Rybakina yang berusia 24 tahun kembali ke final Miami untuk tahun kedua berturut-turut setelah kalah dari petenis Ceko Petra Kvitova pada 2023.

Penampilannya -- dan absennya salah satu dari tiga besar dunia -- menunjukkan bahwa dia akan menjadi favorit saat melawan Collins.

Sejauh ini pada tahun ini Rybakina telah memenangi gelar di Brisbane, Abu Dhabi dan final WTA 1000 pertamanya tahun ini di Doha.
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024