Jakarta (ANTARA) - Petra Kvitova mencapai perempat final Adelaide International, Rabu, untuk menyusul juara Olimpiade Belinda Bencic dan Danielle Collins, setelah lawannya mundur dari arena.

Juara Wimbledon dua kali itu menyelamatkan tiga set poin sebelum merebut set pembuka 7-6 (8/6) melawan petenis China Zheng Qinwen yang kemudian mundur karena cedera paha kiri.

Kemenangan itu adalah keempat dari empat pertandingan sepanjang tahun ini bagi petenis Ceko berusia 32 tahun tersebut yuang bersiap menghadapi Australian Open pekan depan. Dia mencapai final turnamen ini untuk edisi 2019.

"Tentu saja ini memberi kepercayaan diri yang baik kepada saya," kata petenis peringkat 16 dunia itu seperti dilaporkan AFP.

"Masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki, tentu saja, seperti biasa, tapi selain itu saya senang."

Baca juga: Djokovic jadi favorit di Australian Open dengan misi "balas dendam"

Collins yang asal Amerika dan kalah dari Ashleigh Barty dalam final Australian Open tahun lalu mengalahkan Jil Teichmann 6-3, 7-6 (7/2) untuk memastikan satu tempat dalam delapan besar.

Namun, dia membutuhkan tujuh match point untuk mematahkan petenis kualifikasi Swiss itu dan bersiap menghadapi petenis nomor sembilan dunia Veronika Kudermetova.

Sementara itu, Belinda Bencic menang dua set langsung atas Anna Kalinskaya.

Bencic memegang catatan menang kalah 3-1 untuk tahun ini, setelah bertanding di United Cup sebelum mengalahkan Garbine Muguruza pada babak pembuka turnamen Adelaide.

Petenis nomor 13 dunia itu hanya kalah dua set yang keduanya atas petenis nomor satu dunia Iga Swiatek, dalam delapan pertandingan terakhirnya dan sedang dalam suasana yang baik menjelang Grand Slam pembuka tahun ini.

Baca juga: Krejcikova bangkit di Adelaide, Anisimova akhiri paceklik kemenangan

"Saya benar-benar siap," kata Bencic yang meraih emas Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya sangat kuat dalam pertandingan paling penting dan saat-saat sulit. Jadi saya pasti merasa sangat percaya diri tentang itu. Semakin banyak Anda menang di saat-saat itu, semakin membantu."

Petenis Spanyol Paula Badosa dan petenis Brazil Beatriz Haddad Maia juga melaju ke babak selanjutnya.

Pada sektor putra, petenis muda Inggris Jack Draper maju ke perempat final setelah menang 6-4, 6-4 atas petenis Amerika Tommy Paul, sementara petenis Spanyol Alejandro Davidovich Fokina mengalahkan favorit tuan rumah John Millman dengan 6-3, 6-3.

Petenis Spanyol lainnya, Roberto Bautista Agut, dan petenis Korea Kwon Soon-woo  juga memenangi pertandingan.

Baca juga: Thiem optimistis hadapi Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023