Jakarta (ANTARA) - Petenis Amerika Danielle Collins memanfaatkan peluang untuk memenangi gelar Miami Open, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB, mengalahkan Elena Rybakina asal Kazakhstan 7-5, 6-3 untuk mengklaim gelar WTA 1000 pertamanya di musim terakhirnya dalam tur tersebut.

Collins yang peringkat 53 dunia, adalah petenis putri dengan peringkat terendah yang pernah memenangi turnamen tersebut, meraih gelar karier terbesarnya dalam kemenangan dua jam.

Petenis berusia 30 tahun itu pada Januari mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari tenis pada akhir tahun ini, dan perjalanan tak terduganya ke final serta kemenangan atas petenis peringkat empat dunia membuat senang penonton tuan rumah.

"Saya tidak bisa memikirkan cara yang lebih baik untuk memenangi gelar 1000 pertama saya. Itu sangat berarti bagi saya," kata Collins, seperti disiarkan AFP, Minggu.

Meskipun ia tidak memberikan indikasi bahwa performanya baru-baru ini mungkin akan membuatnya mempertimbangkan kembali kepergiannya dari olahraga tenis, ia akan naik ke peringkat 22 dalam peringkat WTA yang baru pada Senin mendatang.

Baca juga: Collins bermain dominan untuk siapkan final Miami melawan Rybakina
Baca juga: Collins kalahkan Garcia untuk capai semifinal Miami Open


Itu adalah kekalahan kedua berturut-turut yang mengecewakan di final Miami bagi Rybakina, yang tahun lalu kalah dari Petra Kvitova.

Kedua petenis terlihat kuat dalam servis mereka di awal, tetapi petenis asli Florida Collins harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan servisnya.

Dia menyelamatkan empat break point saat dia bertahan untuk kedudukan 4-3 dan menunjukkan perlawanan lagi untuk menggagalkan break point pada kedudukan 5-5 dengan pukulan backhand yang brilian setelah reli yang panjang.

Collins mematahkan servisnya pada akhir set pertama, memanfaatkan break point ketiga untuk memenangi set tersebut ketika Rybakina melakukan pukulan panjang.

Kemudian momentumnya bergeser ke arah Collins ketika ia mematahkan servis gim pertama Rybakina di set kedua.

Rybakina yang berusia 24 tahun, juara Wimbledon 2022, merespons dengan melakukan serangan balik pada kesempatan pertama.

Tidak ada yang benar-benar mampu mendominasi, namun Collins memberikan pukulan telak ketika ia melakukan break untuk unggul 5-3 saat Rybakina melakukan pukulan panjang di baseline.

Baca juga: Kvitova, Bencic, Collins melaju ke perempat final Adelaide

Collins menunjukkan kegugupannya pada akhir pertandingan saat ia berjuang untuk melakukan servis, gagal dalam dua break point, namun akhirnya meraih poin winner keempat dalam pertandingan tersebut.

"Sulit," ujar Collins.

"Ada pendukung yang mendukung dan mendorong Anda untuk menyelesaikannya dan mereka sangat ingin saya menang. Rasanya seperti bermain di depan teman-teman terbaik saya dan saya tidak ingin mengecewakan penonton dan itu sulit."

"Elena tidak menyerah dan dia terus mengayunkan pukulan itu ke kanan dan ke kiri, saya hanya harus bertahan di sana."

Collins menjadi petenis putri Amerika pertama yang membawa pulang gelar Miami Open sejak Sloane Stephens pada 2018 dan yang keenam secara keseluruhan, bergabung dengan Martina Navratilova, Chris Evert, juara tiga kali Venus Williams, dan juara delapan kali Serena Williams.

Juara putri dengan peringkat terendah sebelumnya adalah Kim Clijsters, yang menduduki peringkat ke-38 saat meraih gelar pada 2005.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024