Jakarta (ANTARA News) - Aparat Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) akan fokus mengamankan rumah-rumah yang kosong karena ditinggal mudik oleh penghuninya serta lokasi pusat belanja dan wisata menjelang dan selama Lebaran.

"Karena warga di Jakarta kebanyakan mudik, kita fokuskan terhadap keberadaan rumah kosong dan pusat perbelanjaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, petugas gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan wilayah guna mengantisipasi kemungkinan peningkatan kejahatan menjelang dan selama perayaan Idul Fitri, saat kebanyakan warga meninggalkan Jakarta untuk berlebaran di kampung halaman.

Menurut dia, setiap Kepolisian Resor di DKI Jakarta menyediakan 14 pos komando guna mengantisipasi tindak kejahatan di rumah-rumah kosong serta aksi kriminal lain selama Operasi Ketupat Jaya pada 2-16 Agustus 2013.

Sebanyak 111 personel pengamanan, lanjut dia, juga akan disebar untuk mengamankan sejumlah lokasi termasuk pusat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013