Jakarta (ANTARA) - Promotor Liga Super Eropa Kamis mengumumkan rencana untuk turnamen sepak bola format baru dengan 64 tim, menyusul putusan Mahkamah Eropa bahwa UEFA melanggar hukum Uni Eropa dengan memblokir kompetisi pesaing.

  A22 Sports Management, yang didirikan pada akhir 2022 untuk mempromosikan Liga Super Eropa setelah peluncuran awal yang gagal pada April 2021, tidak memberikan rincian kapan kompetisi yang direncanakan itu akan dimulai atau berapa banyak dukungan yang diterimanya dari klub-klub.

  Namun, mereka mengumumkan bahwa turnamen tersebut akan memiliki sistem promosi dan degradasi, serta akan disiarkan secara langsung secara gratis di platform streaming baru bernama Unify.

  "Sepak bola adalah kebebasan. Bebas dari monopoli UEFA, bebas untuk mengejar ide terbaik tanpa takut sanksi," kata CEO A22, Bernd Reichart, dalam presentasi video langsung sebagai reaksi terhadap putusan pengadilan seperti dikutip AFP.

  Proyek tersebut hanya melibatkan 12 klub dan segera hancur dalam beberapa hari. Rencana baru yang diumumkan pada Kamis adalah 64 tim dibagi ke dalam tiga liga terpisah, dengan 16 klub di Liga Utama (Star League), dibagi menjadi dua grup masing-masing berisi delapan klub.

  Tingkat kedua, yang dikenal sebagai Liga Gold, juga akan melibatkan 16 klub yang dibagi menjadi dua grup masing-masing berisi delapan tim. Sedangkan tingkat ketiga, Liga Blue, akan mencakup 32 klub dalam empat grup, yang masing-masing diisi delapan tim.

  "Partisipasi akan didasarkan pada prestasi olahraga. Tidak akan ada anggota tetap, dan klub akan tetap berkomitmen pada liga domestik mereka," klaim Reichart.

  Usulan ini akan melibatkan setiap klub peserta bermain dalam 14 pertandingan sebelum memasuki fase gugur.

  A22 juga mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan sekurangnya 400 juta euro dalam pembayaran solidaritas kepada klub-klub Eropa lainnya. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat jumlah yang didistribusikan oleh UEFA saat ini.

  Mereka menyatakan bahwa, untuk tahun pertama, klub akan dipilih berdasarkan sejumlah kriteria dan kinerja yang transparan.

  Pertandingan akan dimainkan pada pertengahan pekan, tepat di jadwal berlangsungnya Liga Champions dan kompetisi UEFA lainnya.

  A22 juga merencanakan kompetisi putri dengan 32 tim, dan mengatakan bahwa platform streaming mereka akan menghasilkan pendapatan dari iklan, langganan premium, kemitraan distribusi, layanan interaktif, dan sponsor.

Baca juga: Bayern perpanjang rekor juara berturut-turut di lima liga top Eropa

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023