Ambon (ANTARA) - Wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Maluku Penina Fiolana Mayaut meraih juara satu pada lomba jurnalistik skala nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Terima kasih kepada rekan-rekan di LKBN ANTARA Biro Maluku," ucap Penina di Ambon, Kamis.

Penina meraih juara satu pada lomba jurnalistik BPJS Ketenagakerjaan berkat tulisannya yang berjudul "Kepala Daerah di Maluku Nyatakan Komitmen Melindungi Pekerja Rentan".

Baca juga: BPJAMSOSTEK kembali gelar lomba karya tulis jurnalistik

Tulisannya menjadi pemenang, karena dinilai sesuai dengan tema yaitu "Inklusivitas Sistem Jaminan Sosial Ketenagakerjaan". Lomba ini digelar untuk memeriahkan HUT BPJS Ketenagakerjaan yang genap memasuki usia ke-46, pada 5 Desember 2023.

Penjurian lomba Tulis Jurnalistik BPJS Ketenagakerjaan 2023, melibatkan juri berkompeten, yakni Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Muhammad Zuhri, CEO PT Info Media Digital Wahyu Dhyatmika, dan Pengamat Jaminan Sosial Timboel Siregar.

Aspek penilaian dalam penjurian tersebut meliputi orisinalitas, aktualitas, nilai berita, kesesuaian tema, jenis tulisan, alur tulisan, dan tata bahasa.

Selain Penina, pada kategori media online hard news peraih juara dua yaitu wartawan dari LKBN ANTARA Jawa tengah Nur Istibsaroh dengan judul "BPJS Ketenagakerjaan Lindungi 1.344 Tagana se-Jateng".

Kemudian, perwakilan dari media Sorongraya.co Trisatrisnah dengan judul "BPJamsostek Sosialisasikan JKK bagi Pengelola Parkiran Ramayana Mal Sorong".

Baca juga: BP Jamsostek selenggarakan lomba jurnalistik Jaminan Pensiun

Baca juga: BP-Jamsostek sosialisasi program dengan lomba Foto Jurnalistik 2019


Sementara itu, Kepala LKBN ANTARA Biro Maluku Ikhwan Wahyudi mengapresiasi pencapaian tersebut. Menurutnya, hal ini juga sebagai salah satu kolaborasi dari LKBN ANTARA Biro Maluku untuk mendukung program BPJamsostek agar seluruh pekerja terlindungi.

"Ini juga menjadi bukti bahwa dari Indonesia timur juga banyak lahir wartawan andal dengan karya-karya bermutu. Semoga ke depan terus menelurkan karya-karya jurnalistik yang mencerahkan dan mengedukasi orang banyak," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023