Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi meyakini calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md dapat menguasai tema debat kedua Pilpres 2024 yang mengangkat tema ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

"Kami optimistis Pak Mahfud menguasai debat cawapres besok. Debat bagi Pak Mahfud bisa dibilang makanan sehari-hari bagi beliau," kata Baidowi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Mahfud merupakan sosok yang paham hukum-ekonomi. Dia menilai pemahaman terhadap hukum-ekonomi itu sangat dibutuhkan bagi seorang pemimpin dalam mengambil kebijakan-kebijakan strategis negara.

"Kepastian dalam ekonomi itu diperoleh dari kepastian dalam penegakan hukum," ujarnya.

Awiek mengatakan bahwa Mahfud akan menegaskan posisinya akan memperkuat hukum-ekonomi sehingga perekonomian akan maju, konsisten, stabilitas ekonomi.

"Stabilitas ekonomi tercapai apabila penegakan hukum berjalan maksimal," katanya.

Ketua Divisi Kampanye Nasional Bappilu DPP Partai Hanura Jimmy Charles Kawengian menilai Mahfud Md merupakan sosok yang sangat piawai dan ahli di bidang hukum, sehingga mampu membongkar kasus-kasus kerugian ekonomi negara seperti Jiwasraya, BLBI, kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Kementerian Keuangan senilai Rp349 triliun.

Baca juga: TPD Jatim yakin Mahfud MD tak kesulitan hadapi sesi debat
Baca juga: Ganjar ungkap isu yang akan dibawa Mahfud saat debat kedua


"Otomatis dia paham dan mengerti dong tentang ekonomi karena semua itu berhubungan dengan masalah ekonomi bangsa," ujarnya.

Jimmy mengatakan Mahfud ketika menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tahun 2009, lembaga itu memutuskan alokasi dana penerimaan cukai hasil tembakau sebesar 2 persen dalam UU Cukai bukan hanya untuk provinsi pemilik pabrik rokok namun juga untuk provinsi penghasil tembakau.

"Nah dari situ kita bisa membuktikan bahwa Mahfud menguasai betul ekonomi karena semua bidang yang berhubungan dengan hukum seperti ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain tentu harus dikuasai oleh si pakar hukum tersebut. Apalagi sekelas Mahfud yang rekam jejaknya tidak perlu di sangsikan lagi," katanya.

Jimmy meyakini Mahfud akan tampil briliant dalam debat kedua terkait ekonomi. Dia juga meyakini Mahfud akan mengeluarkan gebrakan baru dalam debat yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12).

KPU telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 itu akan menghadapi debat yang akan berlangsung lima kali selama masa kampanye.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023