Addis Ababa, Ethiopia, (ANTARA/PRNewswire) - UNESCO dan Huawei mendonasikan peralatan TIK kepada Kementerian Pendidikan Ethiopia pada minggu lalu. Donasi ini menjadi bagian dari program Technology-enabled Open School Systems for All (TeOSS) yang telah dijalankan kedua mitra tersebut di Ethiopia, Mesir, dan Ghana sejak 2020.

Sebagai bagian dari program berdurasi tiga tahun yang berakhir tahun ini, dan berada dalam naungan inisiatif TECH4ALL Huawei, UNESCO dan Huawei menyumbangkan 480 komputer tablet, 48 access points, dan 24 smart boards kepada sejumlah SMP di wilayah yang berbeda-beda di Ethiopia. 

"Saya kembali mengucapkan terima kasih atas dedikasi UNESCO dan Huawei pada dunia pendidikan dan donasi berharga ini pada momen yang sangat penting," ujar Ayelech Eshete, Menteri Pendidikan Ethiopia. Menurutnya, "SMP yang menerima donasi tersebut akan mampu mengeksplorasi beraneka ragam bahan belajar, memperluas wawasan di luar buku teks, serta terhubung dengan jaringan informasi dan metode belajar berskala global yang luas."

Peralatan TI ini akan mendukung target program TeOSS, yakni mengurangi kesenjangan digital dan meningkatkan inklusi dan kesetaraan pendidikan dengan membangun kapasitas tenaga pengajar dan lembaga pendidikan.

"Kami membuat pencapaian penting dalam pencapaian target tersebut setelah mengirim peralatan TIK terkini bagi sejumlah SMP di seluruh Ethiopia," kata Dr. Rita Bissoonauth, Director, UNESCO Liaison Office di AU, UNECA, dan Perwakilan Ethiopia. "Sekolah-sekolah ini, diseleksi secara cermat oleh Kementerian Pendidikan Ethiopia dan dinas pendidikan regional terkait sebagai penerima donasi tersebut, berpeluang mengintegrasikan teknologi di ruang kelas, serta memberikan kesempatan bagi pelajar meningkatkan pembelajaran, kolaborasi, dan mengembangkan keahlian."

Di Ethiopia, program TeOSS berdurasi tiga tahun mengutamakan pengembangan infrastruktur TIK guna menghubungkan sekolah-sekolah percobaan, melatih guru dan siswa, serta membangun Sistem Manajemen Belajar yang terintegrasi dengan Platform Pelatihan Guru. Program ini memiliki target yang lebih luas, termasuk menciptakan sistem sekolah yang mampu bertahan dari krisis sehingga kesinambungan belajar tetap terjaga dalam kondisi normal dan krisis. Maka, bahan-bahan belajar harus tersedia di rumah, ruang kelas, dan skenario lain.

Sejak program ini digagas pertama kali pada 2020, mitra-mitra program telah merancang dan mengevaluasi pencapaian di Ethiopia, Mesir, dan Ghana. Tujuannya, memperluas skala program ini di Afrika. Program ini secara khusus menjangkau sekolah di negara yang masih menemui keterbatasan sumber daya, serta mentransformasi sekolah ini menjadi sekolah yang didukung teknologi demi menyediakan kesempatan belajar jangka panjang bagi setiap orang, serta pendidikan yang setara dan bermutu bagi siswa.

Kemitraan UNESCO dan Huawei ditopang upaya berkelanjutan pemerintah Ethiopia untuk memberdayakan siswa dan warga agar menjadi peserta aktif di dunia digital sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dan peluang mendatang.

Tentang UNESCO

UNESCO adalah badan khusus PBB yang menangani Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan. UNESCO berupaya membangun masyarakat yang adil, inklusif, damai, terbuka, dan bersendikan pengetahuan. Informasi lebih lanjut tersedia https://www.unesco.org/en/fieldoffice/addisababa.

Tentang Kementerian Pendidikan Ethiopia

Kementerian Pendidikan Ethiopia memiliki sebuah visi, yakni membangun sistem pendidikan dan pelatihan secara berkelanjutan demi menjamin akses pendidikan bermutu dan setara bagi seluruh warga. Dengan demikian, sistem pendidikan ini terus memproduksi angkatan kerja yang kompeten dan kompetitif guna menggerakkan pembangunan ekonomi Ethiopia.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://moe.gov.et/.

Tentang Huawei TECH4ALL

TECH4ALL adalah inisiatif dan rencana aksi jangka panjang Huawei dalam inklusi digital. Didukung teknologi inovatif dan kemitraan, TECH4ALL didesain untuk meningkatkan inklusi dan aspek keberlanjutan di dunia digital.

Informasi lebih lanjut tersedia di situs Huawei TECH4ALL https://www.huawei.com/en/tech4all.

Ikuti akun Twitter TECH4ALL di https://twitter.com/HUAWEI_TECH4ALL

Pewarta: Irvan Ariyana
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023