Serang (ANTARA) -
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Provinsi Banten cerah berawan pada Jumat pagi hingga malam hari.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Jumat, mengatakan wilayah Banten yang cuacanya cerah berawan pada pagi hingga malam hari, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi 2,5 meter di perairan selatan Banten
 
Selanjutnya, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).
 
Suhu udara berkisar 24-35 derajat Celcius dengan kelembapan 55 -90 persen dan tiupan angin bergerak rata-rata dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 05-25 kilometer/jam.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi bencana hidrometeorologi dari Banten hingga NTT
 
Sementara itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan tinggi gelombang 2.50 meter (sedang) di perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Selat Sunda bagian utara.
 
Oleh karena itu, BMKG mengimbau pelaku pelayaran mulai perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal pesiar, dan kapal kargo tetap waspada jika melintasi perairan Banten, termasuk penyeberangan Merak-Bakauheni.

Baca juga: BMKG: Cuaca Banten cerah berawan dan waspada gelombang tinggi
 
"Peringatan kewaspadaan itu untuk menghindari kecelakaan laut," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023