Saya ingin menyampaikan persahabatan lebih dalam antara Indonesia dengan Amerika. Nilai-nilai sama yang dimiliki kedua negara seperti nilai demokrasi yang saling menghormati,"
Jakarta (ANTARA News) - Kuasa Usaha Ad Interim Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kristen F Bauer menilai Indonesia dengan AS memiliki banyak kesamaan, seperti nilai saling menghormati dalam konteks demokrasi.

"Saya ingin menyampaikan persahabatan lebih dalam antara Indonesia dengan Amerika. Nilai-nilai sama yang dimiliki kedua negara seperti nilai demokrasi yang saling menghormati," kata Kristen Bauer saat berkunjung ke Masjid Nurul Ma`rifat, Pakuhaji, Tangerang, Selasa.

Dia mengatakan banyak kalangan yang menilai antara Indonesia dan AS memiliki perbedaan, namun pada kenyataannya banyak kesamaan di antara kedua negara.

Menurut dia, kedua negara juga memiliki keberagaman dalam berbagai hal dan juga punya nilai religius selain nilai demokrasi.

"Amerika dan Indonesia sama-sama menjunjung tinggi toleransi beragama," ujarnya.

Dia berharap kedatangannya ke masjid tersebut dapat meningkatkan pemahaman antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Amerika, karena kedua negara memiliki banyak kesamaan. Karena itu, menurut dia, dirinya sangat bangga diundang mengunjungi tempat tersebut sehingga bisa saling berbagi semangat di bulan Ramadhan.

"Masyarakat kedua negara juga dalam memberikan amal bukan berdasarkan alasan agama untuk saling berbagi," katanya.

Dalam acara tersebut diputar film mengenai kehidupan Islam di Amerika dan juga acara buka puasa bersama dengan warga Desa Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Bauer menilai dalam film tersebut menunjukkan kehidupan yang harmonis umat muslim di Amerika karena bebas menjalankan ibadah dan puasa Ramadhan.

(I028/M026)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013