Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen akan memajukan perempuan Indonesia.

"Kami, pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mohammad Mahfud MD, mengucapkan selamat Hari Pergerakan Perempuan Indonesia, yang negara menyebutnya dengan Hari Ibu, kepada seluruh perempuan Indonesia," kata Mahfud saat menghadiri rangkaian Hari Ibu di Hermitage, Jl. Cilacap Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat.

Menurut Mahfud, kehadiran, keterlibatan, dan kepemimpinan perempuan Indonesia telah meletakkan catatan sangat penting dalam perjalanan bangsa dan gerak pembangunan selama ini.

Dia pun menyadari bahwa perempuan Indonesia memiliki peran penting dalam pemajuan pembangunan. Oleh karena itu, pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk memajukan perempuan Indonesia delapan upaya.

Baca juga: Mahfud ingatkan jangan halangi hak pilih pekerja migran Indonesia

Pertama, mewujudkan legislasi untuk tersedianya lapangan kerja yang mudah diakses oleh perempuan dan memastikan lingkungan kerja ramah terhadap perempuan.

"Kedua, mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk jaminan kesehatan bagi perempuan pekerja berbasis rumahan dalam bentuk akses pada keikutsertaan dalam BPJS ketenagakerjaan," tambah Mahfud.

Ketiga, mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk penempatan satu psikolog di setiap puskesmas seluruh Indonesia dalam upaya penanganan kesehatan mental bagi perempuan, anak, dan masyarakat.

Keempat, mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk terbentuknya satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di setiap satuan lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta.

Baca juga: TPD Jatim yakin Mahfud MD tak kesulitan hadapi sesi debat

Kelima, memastikan perubahan legislasi peningkatan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan Badan Perwakilan Desa (BPD), yaitu dari satu perempuan ditingkatkan menjadi tiga perempuan dari keseluruhan jumlah anggota BPD.

Keenam, mendorong keterwakilan perempuan dengan disabilitas di posisi pengambilan keputusan dalam pemerintahan pada semua tingkatan.

Ketujuh, memastikan legislasi hak-hak asasi perempuan adat, perempuan petani, dan perempuan pesisir, dalam hak adat atas tanah dan sumber daya alam.

Baca juga: Mahfud: Tidak ada keadilan restoratif bagi pelaku TPPO

"Kedelapan, mewujudkan desa, kampung, dan kota ramah untuk perempuan lanjut usia," ujar Mahfud.

KPU telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Menuju debat, Mahfud ingin sampaikan gagasan bukan menyerang lawan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023