Dalam menjalani momen perayaan, penting untuk memperhatikan langkah-langkah pencegahan kebakaran guna menjaga keselamatan kita bersama
Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat (Jabar), mengantisipasi terjadinya kebakaran di lingkungan warga dengan memberikan tips agar terhindar kebakaran selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dalam menjalani momen perayaan, penting untuk memperhatikan langkah-langkah pencegahan kebakaran guna menjaga keselamatan kita bersama," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Depok Adnan Mahyudin di Depok, Jumat.

Menurut dia, selama libur ada yang harus diperhatikan sebelum melakukan liburan panjang, seperti memastikan rumah agar tetap aman, salah satunya dari musibah kebakaran.

Untuk itu Dinas Damkarmat Kota Depok memaparkan beberapa tips agar kediaman tetap aman selama libur Natal dan Tahun Baru. 

Pertama, kata dia, langkah antisipatif yang dilakukan dengan memastikan penggunaan lilin dalam keadaan aman dan ditempatkan di tempat yang stabil, serta jauh dari benda-benda mudah terbakar.

Baca juga: Damkar Depok bagikan tips cegah kebakaran saat mudik

Kedua, pemakaian lampu Natal yang teruji keamanannya dan pastikan tidak terlalu dekat dengan bahan yang mudah terbakar, seperti kain. Kemudian ketiga, hindari penggunaan kabel yang rusak atau kusut guna mencegah korsleting yang memicu kebakaran.

"Pastikan penggunaan kabel listrik sesuai kapasitas dan jangan terlalu banyak menumpuk kabel pada satu titik," katanya.

Keempat, pastikan alat pemanas seperti kompor, oven, dan perangkat lainnya berfungsi dengan baik dan dalam kondisi bersih. "Tidak meninggalkan alat-alat tersebut dalam keadaan menyala tanpa pengawasan," ucapnya.

Kelima, persiapkan keamanan saat menyalakan kembang api, terutama gunakan sesuai petunjuk dan pastikan lokasi menyalakan kembang api jauh dari bangunan, pepohonan, dan bahan mudah terbakar lainnya.

Keenam, pelajari teknik Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan tindakan pemadaman awal kebakaran untuk penanganan darurat.

Lalu untuk warga yang melakukan mudik atau keluar rumah dalam waktu yang lama, ia mengingatkan agar mencabut seluruh kontak listrik yang terpasang. Selain itu juga membersihkan isi lemari es agar tidak menimbulkan bau serta menginformasikan kepada RT dan RW setempat.

Baca juga: Tips berkendara aman saat liburan akhir tahun

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023