Jakarta (ANTARA) —Peran kaum wanita di berbagai sektor kehidupan semakin signifikan. Kontribusi itu diyakini bakal terus bertumbuh untuk menopang peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.  

Hal itu terungkap dalam Talkshow yang dihelat PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure) dalam agenda bertajuk “Women in Insurance: Chasing Dreams and Becoming Leaders” di Jakarta, Kamis (21/22). Seremoni tahunan ini dihadiri para eksekutif wanita di industri asuransi untuk mengapresiasi peran kaum perempuan dan sebagai bagian dari perayaan Hari Ibu.

Corporate Secretary Tugure Yuliani Winarsih saat memandu talkshow mengatakan kegiatan tersebut menghadirkan dua eksekutif wanita yang berpengalaman yakni Senior Manager Property & Construction McLarens Maria Widiasusanty dan Asisten Deputi Investasi Bidang Jasa, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Farah Heliantina.

“Acara ini kami selenggarakan secara terus-menerus, kecuali saat pandemi Covid-19, demi menginspirasi lebih banyak kaum wanita untuk terjun ke dunia yang didominasi oleh pria,” ungkapnya.

Farah Heliantina mengakui bahwa sosok ibu menjadi inspirasinya dalam berkarir. Pasalnya, dalam memorinya sosok ibu merupakan wanita tangguh yang selalu berupaya memberikan hal terbaik bagi anak-anaknya.

“Itu juga yang mendorong saya untuk paling tidak bisa menjadi seperti ibu saya. Jadi inspirasi bagi anak-anak,” tegasnya.

Berkat didikan sang ibu, Farah mengakui tidak kesulitan untuk menjalankan peran ganda dalam kehidupan sehari-hari. Peran ganda kaum wanita ini terkait dengan urusan karir atau pekerjaan di satu sisi dan urusan domestik atau rumah di sisi lain.

Dia mengakui sejak dini sang Ibu telah menginspirasinya agar telaten dalam mengatur waktu sehingga dapat menjalankan semua tugas dengan tuntas.

“Secara tidak langsung dilatih oleh ibu untuk organize waktu. Dari kecil dilatih sehingga saat ini bisa mengatur baik itu karir, anak dan keluarga sih,” jelasnya.

Sementara itu, Maria Widiasusanty mengaku profesinya loss adjuster di industri asuransi sebelumnya dikenal sebagai bidang yang didominasi kaum pria. Namun, jelasnya, saat ini kaum wanita semakin banyak yang menekuninya.

“Saya membuktikan bahwa profesi ini pun bisa dilakukan oleh kaum wanita,” jelasnya.

Untuk mencapai posisinya saat ini, Maria mengaku selalu fokus dengan tujuan atau target. Menurutnya, tujuan itu menjadi patokan yang selalu menyemangatinya dalam berkarir. 

“Sebelum melakukan sesuatu, tujuannya apa? Itu yang memotivasi saya, tujuan. Tujuan yang menguatkan saya,” pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023