Makassar (ANTARA) - USAID IUWASH (Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene) Tangguh menyasar lima daerah di Sulawesi Selatan sebagai proyek penyediaan sanitasi dan air bersih di daerah itu.

Nawir Sikki dari USAID IUWASH dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan kelima kabupaten/kota di Sulsel itu yakni Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Barru

“Kami dengan Sekda telah menandatangani Rencana Kerja Tahunan (RKT) Program USAID IUWASH Tangguh. Ini menjadi kerja sama antara Pemerintah Amerika dan Indonesia,” ujar Nawir Sikki.

Proyek itu dilaksanakan di beberapa provinsi, salah satunya di Sulsel yang fokus memastikan sanitasi dan air bersih yang aman, ketersediaan sumber daya air bersih yang ada di Sulsel menjadi perhatian bersama dari hulu ke hilir.

Baca juga: USAID-Pemkot Makassar tindaklanjuti pembahasan pengelolaan IPAL

Baca juga: Kota Malang jadi percontohan pengeringan lumpur limbah domestik


"Salah satunya bagaimana mendampingi SPAM regional Mamminasata yang melingkupi empat Kabupaten/Kota, memastikan fungsi IPALD atau instalasi pengolahan air limbah domestik, antara lain IPAL Losari yang dinilai saat ini tercanggih di Indonesia,” ujarnya.

Kerja sama antara Pemprov Sulsel dengan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat ini pun telah berlangsung di tahun ketiga.

“Ini tentu sangat kita apresiasi, karena tahun ketiga kerja sama USAID IUWASH Tangguh di Sulsel sangat baik, di mana dukungan Provinsi dalam pendampingan 5 kabupaten/kota sangat optimal dan beberapa kebijakan yang kami butuhkan sejak dahulu didukung dengan baik,” ujarnya.*

Baca juga: Gubernur Sumut apresiasi penyediaan air bersih dari Coca Cola di Medan

Baca juga: Pemerintah tingkatkan akses sanitasi Desa Kayu Bongkok

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023