Jakarta (ANTARA) - Perusahaan produk kebutuhan rumah tangga Kao Indonesia bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) RI berkolaborasi untuk mewujudkan Desa Wisata BERSERI (Bersih, Sehat, dan Lestari) dengan membangun fasilitas bank sampah, salah satunya di Desa Wisata Bira Tengah, Jawa Timur.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Kao Indonesia yang mendukung pengembangan sustainable tourism di desa wisata melalui distribusi clean and hygiene product Kao Indonesia, fasilitas pendukung CHSE, serta pembangunan bank sampah yang harapannya dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat setempat,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta, dikutip dari keterangan persnya, Jumat.

Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk ‘Meningkatkan Kualitas Hidup dan Membawa Senyum Bahagia Bagi Masyarakat Indonesia’, Kao Indonesia secara berkelanjutan terus berinovasi dengan memastikan lifecycle assessment dalam setiap proses bisnis yang dilakukan.

Baca juga: BAZNAS-Kao Indonesia kolaborasi edukasi gaya hidup bersih

Salah satu inisiatif utama yang dilakukan adalah kolaborasi dalam mewujudkan masyarakat dan desa BERSERI bersama Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan membangun fasilitas bank sampah di Desa Wisata Bira Tengah, Kab. Sampang, Jawa Timur.

“Kami bangga dan menyambut baik kesempatan yang diberikan kepada Kao Indonesia dalam kolaborasi sinergis bersama dengan Kemenparekraf/Baparekraf RI untuk mendukung mewujudkan desa wisata bersih, sehat, dan lestari serta juga dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata President Director PT Kao Indonesia Naoki Yoshigai.

Sejak tahun 2022, Kao Indonesia berkolaborasi dalam kemitraan pentahelix bersama Kemenparekraf/Baparekraf RI sebagai upaya untuk mewujudkan Desa Wisata BERSERI melalui sisi kebersihan dan kesehatan.

Tidak hanya itu, Kao Indonesia secara berkelanjutan memberikan 10 ribu paket produk kebersihan serta fasilitas pendukung CHSE untuk sebelas desa wisata prioritas guna mendukung dan meningkatkan standar kebersihan dan kenyamanan dalam berwisata.

Baca juga: Astra International berupaya dorong perekonomian desa

Pembangunan bank sampah di desa wisata Bira Tengah menjadi proyek percontohan yang nantinya akan dikembangkan ke desa-desa wisata lainnya.

Kao menargetkan pembangunan bank sampah dapat membawa dampak positif bagi ratusan keluarga di sekitar bank sampah dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui kegiatan sirkular ekonomi berkelanjutan.

“Kami ingin mewujudkan kirei lifestyle, di mana masyarakat dapat menjalani hidup yang bersih, indah, sehat dan dengan peace of mind dalam kesehariannya di lingkungan yang lestari, semoga dengan adanya dukungan fasilitas kebersihan dan pembangunan bank sampah bisa memberikan nilai tambah untuk masyarakat,” kata Naoki.

Baca juga: Sejumlah Desa wisata Magetan dapat pendampingan dari LPPM ITB

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023