Jakarta (ANTARA) - NBA merayakan Hari Bola Basket Sedunia yang jatuh pada 21 Desember melalui berbagai program menarik seperti pelatihan remaja dan kampanye media sosial, di mana semuanya menampilkan kontribusi bola basket dalam masyarakat.

“Keluarga NBA sangat senang dapat bergabung dengan komunitas basket dunia dalam merayakan Hari Bola Basket Sedunia yang pertama," ujar Komisioner NBA Adam Silver melalui keterangan tertulis NBA Indonesia, Jumat.

Hari Bola Basket Sedunia yang dicanangkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Piala Dunia FIBA 2023 tersebut bertujuan untuk merayakan hari dimana Dr James Naismith pertama kali memperkenalkan permainan bola basket di Springfield YMCA pada 1891.

“Lebih dari 130 tahun setelah Dr James Naismith memperkenalkan permainan ini di Springfield YMCA, Hari Bola Basket Sedunia merupakan pengingat akan kemampuan basket untuk menembus batas, budaya, bahasa, dan mempersatukan orang-orang di seluruh dunia,” ujar Silver.

Ia melanjutkan, bola basket pun menjadi olahraga terpopuler kedua di dunia, dengan hampir 600 juta orang di bumi memainkan olahraga tim itu.

Di Amerika Serikat, bola basket merupakan olahraga yang paling sering dimainkan oleh berbagai kalangan masyarakat.

NBA bersama dengan National Basketball Players Association (NBPA), National Collegiate Athletic Association (NCAA), USA Basketball, dan Federasi Internasional Bola Basket (FIBA), akan menyelenggarakan perayaan global untuk memperingati Hari Bola Basket Sedunia.

PBB membawa panel spesial yang mendiskusikan dampak yang diberikan oleh bola basket kepada semua orang di seluruh dunia.

Lebih lanjut, ada Pertandingan Pick-Up antar Diplomat pada Hari Bola Basket Sedunia PBB di New York, Jr. NBA Clinic di Harlem PAL Center, NBA Cares Packing Project di Mandaluyong, Filipina, serta NBA Egypt Hoops di Al Sadat School Gharbia di Mesir.

Selanjutnya, ada juga percakapan virtual NBA Basketball School bersama dengan mantan pemain WNBA Mery Andrade dan mantan pemain NBA Zaza Pachulia, untuk membahas tentang bagaimana bola basket memberikan dampak positif pada kehidupan mereka.

Baca juga: Perbasi segera bentuk komisi disiplin
Baca juga: Kesatria Bengawan Solo berkomitmen jadi muara pembinaan basket di Solo


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023