Makassar (ANTARA) - Sebanyak 13 Federasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh di Provinsi Sulawesi Selatan mendeklarasikan dukungan ke pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan tagline AMIN di Balai Aroepala, Jalan Hertasning Kota Makassar.

"Deklarasi ini sekaligus pembentukan Poros Buruh Perubahan untuk Anies-Muhaimin (AMIN), dan kami menyatakan kesiapan untuk memenangkan 70 persen suara dalam Pilpres 2024 di Sulsel," ujar Koordinator Poros Buruh Perubahan Sulsel Salim Samsur di Makassar, Jumat.

Sedangkan untuk naskah deklarasi dukungan diserahkan kepada Co Captain Timnas AMIN, Mohammad Jumhur Hidayat di tempat deklarasi. Tercatat ada 13 serikat buruh/serikat pekerja tergabung dalam poros buruh perubahan.

Asosiasi tersebut yakni, PD SPSI Sulsel, DPD SPN SBNI, FSPTI SPSI, FPBN, KSN, FSP PAREKRAF SPSI, FSP NIBA SPSI, FSP FARKES SPSI, FSP KSI SPSI, FSP KEP SPSI, FSP RTMM SPSI, dan FSP PPSPSI.

Dalam pernyataannya sikapnya Salim mengatakan, buruh Sulsel menyakini program pasangan AMIN sejalan dengan visi misi dan arah gerakan kaum buruh Indonesia. Sehingga SPN Sulsel bersama SP-SB dan seluruh buruh Sulsel solid memilih paslon AMIN.

Sementara itu, Ketua DPD KSPSI sekaligus Dewan Pengarah Poros Buruh Untuk Perubahan Sulsel Basri Abbas menambahkan para buruh yang hadir berharap kebijakan-kebijakan termasuk menaikkan upah buruh, hapus outsourching, kontrak dan pemagangan hingga menolak Omnibus Law dapat di realisasikan oleh pasangan calon AMIN.

"Buruh Sulsel siap menangkan AMIN 70 persen, kami yakin pasangan AMIN menang, dan hanya dugaan kecurangan yang bisa mengalahkannya. Buruh Sulsel siap mengawal suara, dan menjadi barisa terdepan bila ditemukan dugaan kecurangan," papar Basri menekankan.

Menanggapi hal tersebut usai menerima dukungan deklarasi Co Captain Timnas AMIN, Mohammad Jumhur Hidayat merasa bangga sekaligus terharu atas semangat para kaum buruh yang menginginkan perubahan.

"Terima kasih, saya menerima dengan bangga dukungan ini, dan terharu atas keinginan kuat para buruh untuk perubahan. Dengan perjuangan para buruh, tidak hanya di Sulsel tapi di seluruh pelosok negeri, maka melalui dukungan ini, Insya Allah pasangan Anies-Muhaimin akan memimpin bangsa ini," ujar Jumhur.

Baca juga: JK dukung Anies-Amin, TKN: Semoga makin adem
Baca juga: NasDem: JK tambah kekuatan dukung Anies-Muhaimin


Dalam deklarasi itu, selain dihadiri Mohammad Jumhur Hidayat juga dihadiri sejumlah tokoh buruh nasional di antaranya Presiden PPMI Daeng Wahidin, Ketua Umum SBSI 92 Sunarti, dan Ketua Umum GSBI Rudi HB Daman.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 dan pemungutan suara 14 Februari 2024.

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023