kegiatan ini dapat memberikan  pengetahuan kepada kita semua bagaimana penanganan dan pencegahan stunting
Jakarta (ANTARA) -
Srikandi PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (PT JIEP) memberikan penyuluhan gizi seimbang bagi anak melalui program "Gak Rugi" (Gerakan Ayo ke Rumah Gizi) dalam upaya menekan angka stunting di Jakarta Timur.
 
"Dukungan PT JIEP pada pelaksanaan program 'Gak Rugi' sudah berjalan secara berkelanjutan, semoga dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada anak-anak yang menerima manfaat dari program ini," kata Ketua Dewan Pembina Srikandi JIEP Vania Aramita Sari saat penyuluhan dalam rangka "Memperingati Hari Ibu" di Kantor PT JIEP, Cakung, Jakarta Timur, Jumat.
 
"Gak Rugi" merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJLS) perusahaan, hasil kolaborasi dengan Puskesmas Kelurahan Jatinegara, Cakung, untuk penanganan dan pencegahan bahaya stunting pada balita di sekitar area Kawasan Industri Pulogadung.
 
Vania menyampaikan rasa bangga dan terhormat karena bisa bekerja sama dengan kaum ibu, camat, lurah, kepala dan staf puskesmas, serta kader PKK untuk menjalankan program ini.
 
"Semoga apa yang telah kita laksanakan dapat memberikan kehidupan yang lebih baik pada anak-anak dan keluarganya serta kegiatan ini dapat memberikan  pengetahuan kepada kita semua bagaimana penanganan dan pencegahan stunting," tuturnya.
 
Vania menyebutkan,permasalahan stunting telah menjadi fokus utama pemerintah untuk segera dapat menangani dan diharapkan peran aktif seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat secara bersama-sama turut mendukung program "Gak Rugi".
 
Plh. Direktur Utama PT JIEP, Dharma Satriadi mengatakan pihaknya berkomitmen dan berperan aktif mendukung seluruh program penanganan dan pencegahan stunting di DKI Jakarta dalam mewujudkan misi zero stunting (tak ada lagi stunting).
 
"PT JIEP melalui program TJSL-nya akan terus mendukung program penanganan dan pencegahan stunting di DKI Jakarta sesuai dengan arahan dari Pj. Gubernur Heru Budi Hartono untuk seluruh elemen dalam mengatasi masalah stunting," ucapnya.
 
Sementara itu, Camat Cakung Fajar Eko Satriyo  mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PT JIEP.
 
"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi aktif dari PT JIEP untuk menurunkan angka stunting yang ada di Kecamatan Cakung, khususnya di Kelurahan Jatinegara," kata Fajar.
 
Menurut dia, program "Gak Rugi" sangat terasa sekali manfaatnya di masyarakat, sehingga diharapkan angka stunting dapat berangsur-angsur berkurang bahkan mencapai zero stunting sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh Presiden Joko Widodo.
 
Peringatan Hari Ibu Tahun 2023 yang digelar dengan tema "Optimalisasi Peran Ibu Dalam Menyiapkan Gizi Seimbang Untuk Anak" merupakan inisiasi dari PT JIEP dan Srikandi JIEP.
Ketua Dewan Pembina Srikandi JIEP Vania Aramita Sari saat memberikan penghargaan kepada relawan di sela-sela kegiatan penyuluhan dengan tema "Optimalisasi Peran Ibu Dalam Menyiapkan Gizi Seimbang Untuk Anak" dalam rangka Peringatan Hari Ibu Tahun 2023 di Kantor JIEP, Cakung, Jakarta Timur, Jumat (22/12/2023). ANTARA/HO-Humas PT JIEP
 
Dalam kesempatan itu, PT JIEP memberikan penghargaan kepada ibu yang telah berjuang untuk anak-anak yang perlu perhatian khusus terhadap gizi dan tumbuh kembang, serta segenap kader posyandu yang telah tulus dengan sepenuh hati mendampingi para orang tua dengan memberikan makanan bergizi seimbang secara rutin setiap harinya selama 66 hari.
 
PT JIEP bersama Puskesmas Kelurahan Jatinegara terus memantau dan memonitor balita yang terindikasi stunting maupun balita yang telah masuk kriteria gizi buruk dengan cara pendampingan pada orang tua balita untuk memberikan makanan dengan gizi seimbang.
Baca juga: PT JIEP sumbang 200 pohon dalam gerakan tanam pohon
Baca juga: PT JIEP raih anugerah Mitra Bakti Husada dari Kemenkes
Baca juga: BUMD JIEP bersama Holding BUMN Danareksa tanam 600 pohon

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023