Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengisyaratkan "slepet" sarung sebagai pembangunan ekonomi nasional menuju Indonesia yang adil dan makmur.

Hal itu ia sampaikan dalam debat kedua Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat malam.

Muhaimin menjelaskan sarung yang dislepet atau dikibaskan ke suatu objek sama dengan disrupsi yang merupakan tanda terjadinya perubahan besar-besaran yang disebabkan adanya inovasi yang mengubah sistem dan tatanan bisnis ke taraf yang lebih baru.

"Slepet itu adalah disrupsi, disrupsi itu adalah awal dari perubahan," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, saat menyampaikan visi-misi dalam debat kedua tersebut.

Baca juga: Cak Imin buka debat bicara disrupsi sebagai awal perubahan

Cak Imin mencontohkan kekayaan 100 orang di Indonesia sangat jomplang sehingga mengganggu sangat berbanding terbalik dengan kondisi lebih dari 100 juta rakyat Indonesia.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan slepet menjadi langkah perbaikan ke depan karena akan membangun potensi yang belum diberdayakan, menggerakkan yang selama ini terhambat, dan membuka potensi yang baru melalui inovasi.

Lebih lanjut, Cak Imin menjelaskan bahwa saat ini ada delapan juta pengangguran di Indonesia dan 80 juta orang bekerja di sektor informal.

Para pekerja sektor informal itu harus didorong untuk meningkatkan pendapatan melalui stimulus yang dilakukan pemerintah.

"Untuk kemajuan bangsa, mereka harus diberi kredit usaha anak muda biar menjadi pelaku ekonomi yang baik," katanya.

Baca juga: Baju adat hingga jas jadi pilihan para cawapres pada debat kedua

Kemudian, pajak bagi orang kaya juga harus ditingkatkan, sedangkan pajak bagi warga kelas menengah harus diturunkan, sehingga terjadi keseimbangan.

Oleh karena itu, semua kondisi perekonomian saat ini harus "dislepet" melalui gagasan perubahan yang digaungkan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN).

KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 pada Senin, 13 Desember 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Cak Imin berharap visi-misi AMIN direspons positif di debat cawapres
Baca juga: KPU harap debat perdana cawapres dapat pengaruhi pilihan rakyat
Baca juga: KPU buka debat cawapres perdana Pemilu 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023