Jadi kuartal pertama 2024 ini mungkin kita bisa menyasar 30-35 persen dari total pergerakan wisatawan nusantara
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memproyeksikan kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mampu menopang pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 30-35 persen di tahun itu.
 
“Jadi kuartal pertama 2024 ini mungkin kita bisa menyasar 30-35 persen dari total pergerakan wisatawan nusantara,” ujar Sandiaga dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) yang digelar di Jakarta, Jumat.
 
Sandiaga pun meyakini, Pemilu justru memicu tingginya pergerakan masyarakat dari kabupaten ke kabupaten dengan durasi di atas enam jam untuk mengikuti Pemilu.
 
“Jadi justru saya optimistis dengan Pemilu ini jumlah pergerakan wisatawan nusantara meningkat,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, tren pariwisata akhir tahun merupakan tren dengan pergerakan yang tinggi mengingat memasuki musim liburan.
 
Berkaca pada proyeksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang memproyeksikan pergerakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini sebesar 107,6 juta orang yang akan bepergian atau 39,8 persen satu lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu atau meningkat sekitar 43 persen.
 
Angela pun meyakini antusiasme masyarakat berwisata pada akhir tahun ini cukup tinggi walaupun dengan tantangan salah satunya transportasi.
 
“Saya melihatnya dengan kegiatan-kegiatan (events) yang tetap diselenggarakan pada 2024 ini juga bisa mendukung peningkatan pariwisata kita,” ujar Angela.

Angela turut berharap Pemilu 2024 dapat berjalan secara damai dan aman sehingga tidak menghambat pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Menparekraf minta penerapan protokol kesehatan kembali ditingkatkan 

Baca juga: Sandiaga: Melalui digitalisasi pertumbuhan ekonomi lebih efisien

Baca juga: Kasus COVID meningkat, Menparekraf: Berwisata di dalam negeri saja

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023